Bandara Dr Ferdinand Lumbantobing, “Pembentukan Posko Keamanan Terpadu Sambut Natal 2019 & Tahun Baru 2020”

fokusliputan.com_Tapanuli Tengah

Kepala Kantor UPBU Dr FL Tobing Tapanuli Tengah Farel T L Tobing, ST,MT melalui Wakil Ketua Posko Natal Bill Akbar kepada fokusliputan.com menjelaskan ; bahwa untuk pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2020 di Bandara Dr Ferdinand Lumbantobing Tapanuli Tengah Sumatera Utara , diinformasikan mulai tanggal 20 Desember 2019 sampai tanggal 06 Januari 2020.


Pada saat ini penambahan extra flight dari maskapai Garuda terjadwal pada tanggal 23 Desember dan tertanggal 03,04,05 Januari 2020_sementara Wings Air tidak ada penambahan jadwal penerbangan. (24/12/2019)

Informasi dari Pihak Polsek Pinangsori, bahwa ada jadwal Bapak Kapolda Sumut akan berkunjung diantara tanggal 26,27,28 Desember 2019. Oleh karena itu, persiapan dan pelaksanaan Posko harus benar-benar matang. 

Untuk pelaksanaan peningkatan keamanan penerbangan dan pemeriksaan baik penumpang maupun bagasi penumpang, harus dilaksanakan lebih intensif_berhubung dengan hari besar keagamaan untuk mengantisipasi terjadinya tindakan kriminal dan teroris. 

Oleh sebab itu, didalam hasil rapat pembentukan posko terpadu ini , di-intruksikan setiap personil posko harus benar-benar mempunyai niat berkerja maksimal dalam pelayanan Posko tersebut. 


"Dalam upaya peningkatan keselamatan dan keamanan penerbangan dalam pelayanannya, pihak Bandara disarankan agar dapat membuat Tim khusus yang terdiri dari Gabungan TNI dan Polri_untuk mengantisipasi oknum-oknum yang mempunyai otoritas wilayah masuk ke kawasan terbatas Bandara tanpa izin_seperti kejadian-kejadian yang selama ini selalu terjadi sebelumnya dengan melengkapi surat perintah/surat tugas sebagai payung hukumnya." 

Sebagai pihak pendukung pelaksanaan Posko, juga melibatkan personil Kesehatan dari Puskesmas Pinangsori Tapanuli Tengah agar memudahkan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi penumpang termasuk mempermudah surat layak terbang bagi penumpang ibu hamil atau yang sedang sakit. 

Sampai saat ini, jumlah penerbangan dan penumpang yang sudah terdata mengalami sedikit penurunan dibanding tahun lalu. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah tingginya harga tiket pesawat dan juga pilihan maskapai tidak banyak pilihan. Sehingga menjadi pertimbangan para penumpang khususnya untuk masalah bagasi berbayar. 

Pihak bandara juga terus memonitor dan mengawasi masalah bagasi berbayar ini, agar jangan sampai ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan adanya system bagasi berbayar ini. 



Sebelumnya telah dilakukan pertemuan (pembuat risalah Painaria, dan Wakil Ketua Posko Natal Bill Akbar), sesuai Surat undangan kepala kantor nomor :  UM.202/10/XII/PS-2019 tanggal 19 desember  2019 dengan menghadirkan peserta rapat  : Kepala kantor, Kepala urusan tata usaha, Unit Operasi Bandar Udara, Unit Avsec, Polsek Pinangsori, Koramil 04 Pinangsori, Detasemen TNI AU Pinangsori, BMKG Pinansori, Airnav (Tower) pinangsori, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Wings Air, PT Citilink, SMA N Pinangsori. Demikian informasi yang dapat kita sampaikan dari Bandara Dr Ferdinand Lumbantobing Tapanuli Tengah Sumatera Utara kepada fokusliputan.com.


www.fokusliputan.com/Beta Simatupang