Perjalanan Wisata Religi Ketanah Leluhur Siregar, "Di Muara Tapanuli Utara"

fokusliputan.com_Tapanuli Utara

“Dan ini nantinya kita bisa menjelaskan kepada generasi kita tentang leluhur marga Siregar. Dan juga penasihat Kapten Purn H.Ilyas Siregar menyatakan bahwa mari kita bersyukur bahwa kegiatan ini merupakan sejarah bagi kita dan ucapan terimakasih kepada pengurus Pengajian Siregar Boru Bere Sibolga-Tapteng (Tapanuli Tengah) yang mempunyai gagasan untuk melaksanakan wisata religi serta seluruh jemaah yang mendukung. Sehingga acara ini dapat terlaksana” 


Pada kesempatan tersebut, Tausiyah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW disampaikan oleh Al-Ustad Iwan Halim Siregar. 

Diinformasikan, Keluarga besar Pengajian Siregar, Boru, Bere Kota Sibolga-Tapteng melaksanakan perjalanan wisata religi ketanah leluhur_Marga Siregar di Muara Kabupaten Taput . (Sabtu 09/11/2019). 


Dalam kegiatan wisata religi tersebut juga menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M serta pembubaran pengurus lama. Kemudian melakukan pemilihan Ketua Baru_Pengajian Siregar Boru Bere Sibolga-Tapteng Periode 2019 - 2022. 

Penasihat Pengajian Siregar Boru Bere Iptu R.Sormin,S.Ag mengatakan Selain mendapatkan ilmu pengetahuan_juga dapat melihat secara langsung asal marga Siregar dari Muara. Dan mungkin kita jemaah pengajian, ada sebahagian yang belum pernah untuk mengunjungi asal marga Siregar serta tugu marga Siregar_ yang merupakan sejarah. Bahwa konon kita ketahui bahwa marga Siregar dikenal dengan sirintis dalam dimana artinya yang terlebih dahulu keluar dari Muara untuk merantau adalah marga Siregar yang saat ini kita ketahui banyak yang sudah berdomisili diperantauan (26/11/2019). 

Dan sejarah bagi Pengajian Siregar boru bere Sibolga-Tapteng yang sudah berusia 25 tahun_baru kali ini dilaksanakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW serta pembubaran pengurus lama dan pemilihan pengurus baru. 


Lanjutnya, dalam pemilihan Ketua Pengajian Siregar Boru Bere Sibolga-Tapteng kembali terpilih secara aklamasi ; Syahruddin Siregar. Dan pada kesempatan itu juga Penasihat Iptu R.Sormin,S.Ag mengaku bersyukur dalam perjalanan dari Sibolga hingga ke Muara_mobil yang ditumpangi oleh jemaah sebanyak lebih kurang 80 orang dengan tertib bergerak dan tidak ada yang saling mendahului. 

Ini mencerminkan jemaah Pengajian Siregar Boru Bere Sibolga – Tapteng,  rasa kebersamaan dan persaudaraan sesama kita yang ada diperantauan Sibolga dan Tapteng. 


Usai acara, dilanjutkan dengan makan bersama. Sesama jemaah membawa perbekalan dan saling berbagi kepada jemaah yang lain dipelataran tugu Siregar di Muara Kabupaten Taput (Tapanuli Utara). Setelahnya, mengunjungi saudara marga Siregar di Muara serta memberikan bingkisan dari Pengajian Siregar Boru Bere Sibolga -Tapteng. 


Dalam perjalanan kembali ke Sibolga, rombongan ada sebanyak 20 mobil_singgah dan melaksanakan ibadah Sholat di desa yang ada Aek Sipangolu, serta singgah ke museum Sisimangaraja jalan kembali via Dolok Sanggul dan rombongan tiba di Sibolga dengan selamat. 

(#Siregar Boru Bere Sibolga-Tapteng Periode 2019–2022).