TP4D Kejaksaan Negeri Meninjau Langsung Pelaksanaan Proyek Tahun Anggaran 2019

fokusliputan.com_Padang Lawas Utara

Fokus kepada pencegahan dan meminimalisir terjadinya penyelewengan, Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meninjau langsung pelaksanaan proyek tahun anggaran 2019 yang saat ini sedang berlangsung pengerjaannya. 


Hal tersebut disampaikan ketua TP4D, Kepala Seksi Intelijen Kejari Paluta, Budi Darmawan SH. Katanya, pengecekan dan pengukuran serta penggunaan material pelaksanaan sejumlah proyek dilakukan secara maraton disejumlah titik, antara lain pembangunan Puskesmas di desa Napagadung Laut dan pembangunan jembatan penghubung menuju desa Siombob. 


Kata Budi, peninjauan langsung kali ini didampingi ahli independen dari Polteknik Medan, Ir Koster Silaen MT beserta pejabat pembuat komitmen (PPK) dari Dinas PU dan PR Paluta, PPK Dinas Kesehatan, sejumlah wartawan dan pihak rekanan pelaksana proyek lainnya. 

"Kita meninjau bersama ahli yang independen. Tujuannya untuk menghindari terjadinya penyimpangan yang menyebabkan kerugian negara,” kata Budi Darmawan SH, saat dihubungi fokusliputan.com " via telepon seluler, Sabtu (05/10/2019). 


Lanjutnya, salah satu tugas dan fungsi TP4D adalah untuk mengawal dan mengawasi pengerjaan proyek yang diselenggarakan , agar semua berjalan dengan baik dan sesuai ketentuan serta mekanisme yang ditetapkan. Kita akan terus melakukan peninjauan dan pengawasan secara berkesinambungan untuk mengetahui secara rinci progress dari pekerjaan proyek tersebut. 


Menurut Budi, peninjauan dilakukan agar pelaksanaan pembangunan tidak menyalahi aturan, agar tidak terkait dengan persoalan hukum ke depannya. Bisa mencegah atau paling tidak meminimalisir penyelewengan itu lebih baik daripada melakukan penindakan terhadap pelaku yang menjadi jalan terakhir yang akan dilakukan. Hasil peninjauan langsung bersama Ahli Independen ini nantinya akan dikumpulkan pihak TP4D Kejari Paluta untuk ditindaklanjuti.

fokusliputan.com_arifsiregar