Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019, “Mari Bersatu Bangun Indonesia”

fokusliputan.com_Paluta

Upacara ditandai dengan pembacaan teks Sumpah Pemuda. Pembina upacara membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga, Zainuddin Amali. Tema Bersatu kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah, Indonesia bisa lebih maju. 


Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” ungkap Burhan membacakan amanat Menpora RI. 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dilaksanakan di Alun-alun, Lingkungan II, Kelurahan Pasar Gunung Tua, iya Bang Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Senin (28/10/2019). Bertindak sebagai Pembina Upacara, Sekretaris Daerah Paluta Burhan Harahap SH. 

Pada saat ini dibelahan dunia telah lahir generasi mudah yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung invidualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam. 

Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia, dan berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.


Hadir dalam kegiatan, Kajari Paluta yang diwakili Kasi Pidsus Hindun Harahap SH, Pabung Paluta Kodim 0212/TS Mayor Inf Hasran Harahap, Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar SH MH, Danramil 05/PB Kapten Inf Edi Natal Dalimunthe Dankipan C 123 RW Kapten inf Roub Sulisno, Kepala OPD Paluta, Ketua KNPI Paluta, Ketua OKP, Dharma Wanita Paluta, Bhyangkari Polsek Padang Bolak, Persit Koramil 05 PB dan Kompi 123 Rajawali. Bersatu Kita Maju'_diikuti peserta yang terdiri dari TNI/POLRI, ASN Paluta,  Dishub Paluta, Satpol PP, Ormas dan OKP, Pelajar SMA, SMP, SD dan Pramuka. 

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Paluta Mahmud Pratama Harahap usai upacara, menuturkan, pemuda Indonesia jangan mau dikotak-kotakkan. Polarisasi yang terjadi saat ini hendaknya disikapi dengan intelek. Sebagai pemuda, mari bersama-sama, solid dan bersatu dalam membangun Indonesia khususnya Paluta. 

fokusliputan.com/Paluta/ArifsiregaR