Akhirnya Tumpukan Sampah Dibersihkan, "Menggunakan Alat Berat"

fokusliputan.com_Batang Gadis

Abdul Holik Kabid Pengolahan Sampah menuturkan "Kami dari dinas lingkungan hidup yang membidangi masalah sampah ini, sebenarnya masalah sampah ini adalah masalah kita bersama. 


Penumpukan sampah ini terjadi yang pertama karena satu bulan kebelakangan ini, ada perbaikan jalan dari pihak dinas PUPR Mandailing Natal. 

Lanjutnya, memang sebelumnya, kami dari dinas lingkungan hidup mau melaksanakan pembersihan , akibat adanya perbaikan jalan tersebut, maka alat berat tidak bisa masuk. Jadi kemungkinan besar itulah yang terjadi penumpukan sampah . Jadi, hari ini , alat berat sudah masuk kelokasi , dan mulai bekerja untuk membersihkan penumpukan sampah tersebut. 



“Penumpukan sampah di desa batang gadis panyabungan barat sumatera utara , akhirnya dibersihkan dengan menggunakan satu unit alat berat milik pihak swasta. Pembersihan ini dilakukan oleh pihak dinas terkait dinas lingkungan hidup mandailing natal menggunakan beko untuk mengais sampah dari badan jalan. “ 

Sementara itu , warga menanggapi tumpukan sampah ini meresahkan terutama kesehatan, penumpukan sampah ini bukan areal dari TPA saja, melainkan sudah ditanah warga,  ujar M Zaki warga setempat. Masyarakat desa Batang Gadis berharap agar pemerintah bukan hanya membersihkan tumpukan sampah dari badan jalan, , tetapi juga agar segera mengangkat semua sampah dari jalan dan membuangnya ke tempat pembuangan akhir TPA. 

fokusliputan.com/Giodavy Nasution