Situasi Aman Terkendali, “Pasca Karhutla Di Tapanuli Tengah Sumatera Utara, Tiga Komentar Warga”

fokusliputan.com_Tapanuli Tengah. 

Untuk saat ini, (18/09/2019), korban jiwa dan korban rumah atau pondok yang ikut terbakar hingga saat ini masih Nihil. Dan untuk perkembangan lanjut akan segera di laporkan. Menanggapi informasi tersebut, fokusliputan.com langsung menuju dan meninjau ke TKP lokasi Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla). Kebakaran Hutan Di Tapanuli Tengah Sumatera Utara,” Luas Lahan Terbakar Lebih Kurang 15 Hektar” . Untuk update informasi.



Sebelumnya diinformasikan , insiden karhutla Selasa (17 September 2019) waktu kejadian diperkirakan terjadi pukul 18.00 wib, terjadi kebakaran hutan. Lokasi areal Gunung Kampung sebelah, Desa Gunung kelambu Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah,  areal Gunung Albion Prancis Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumatera Utara. Lokasi kebakaran terletak disekeliling kebun karet milik Marga Panggabean. 

Dengan menaiki gunung yang agak terjal ini, dapat dilalui dari jalur jalan lintasan pekuburan atau lintasan bengkel tambal ban milik sijawa pinggir jalan. 

Sebagai narasumber ; pertama.  Warga setempat, panggilan Sijawa_pemilik lahan mengalami dampak kerugian satu setengah hektar tanahnya tapi tidak memiliki tanaman khusus, namun kayu kayu tanaman semak (tumbuhan alami) ikut gosong terkena dampak kebakaran tersebut. 

Yang kedua ; Mendrofa  (penjaga kebun Karet milik marga panggabean), membeberkan bahwa kerugian yang dialami mereka adalah tanaman karet. Yang sudah berusia tanaman karet 3 tahun, kurang lebih 500 batang karet terbakar hangus , untuk panen pohon karetnya usia 7 tahun tanaman. 

Yang ketiga ; Wagimin Warga Pinangsori_turut menyesalkan kejadian ini, agar jangan terulang kembali. Dan warga ini menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kelestarian tanaman di areal gunung /hutan, apalagi dimusim kemarau. 

Untuk informasi di TKP bersama narasumber, dapat disampaikan melalui klip audio visual. (18/09/2019).


Keterangan Vidio : Vidio TKP proses pemadaman api kondisi malam hari,  diterima dari Rekan Mitra Jajaran Polsek PinangSori / Humas Polres Tapanuli Tengah Iptu R.Sipahutar.

Pantauan fokusliputan.com di TKP, situasi aman dan terkendali. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian material yakni tanaman karet. Saat ini, warga setempat memasang papan kayu dilarang menebang kayu / mengambil kayu-kayu.

FOKUS LIPUTAN FOTO 'TKP'











(www.fokusliputan.com)