5000 Masker Gratis Kepada Pengguna Jalan Yang Melintas, “Komentar Wakil Bupati"

fokusliputan.com_Paluta

Meskipun tidak serawan daerah yang ada karhutlanya, kita Pemkab sudah mengeluarkan imbauan secara resmi. Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) membagikan secara gratis masker gratis. Pembagian masker dipimpin langsung Wakil Bupati Paluta, H Hariro Harahap SE dan Sekretaris Daerah Paluta, Burhan Harahap SH di Posko Kabupaten Penanggulangan Kabut Asap di Jalan SM Raja, Lingkungan I, Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Senin (23/09/2019). 


Kepada fokusliputan.com_Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap menanggapi daerah Paluta sudah termasuk kategori rawan terdampak kabut asap, memastikan bahwa kabut asap yang melanda di Paluta merupakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan  (karhutla) dari wilayah luar Padang Lawas Utara. 

Instruksi Bupati Paluta menyampaikan tentang optimalisasi penanganan dampak asap kebakaran hutan dan lahan, poin pertama menginstruksikan kepada sekolah PAUD/TK, SD dan SMP se-Kabupaten Paluta untuk meliburkan proses belajar mengajar selama dua hari yakni mulai hari Selasa 24-Rabu 25 September 2019 dan menunggu informasi selanjutnya perihal dampak asap Karhutla. 

Yang kedua, kepada seluruh masyarakat Paluta dihimbau agar tidak menampung air hujan untuk dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk makan dan minum dalam masa dampak kabut asap akibat karhutla sampai ada informasi lebih lanjut. Poin ketiga, kepada Forkopimda, Kepala OPD Se-Paluta, Camat, Kepala Puskesmas dan kepala desa se-Paluta agar memberikan dukungan sesuai dengan tugas fungsi dan kewenangan masing-masing dalam rangka oftimalisasi pengendalian asap akibat karhutla. 

Pantauan fokusliputan.com_dilokasi; Keluarga Besar DPD AMPI Paluta bekerjasama dengan PT Kawasan Kurma Indonesia (KKI) Cabang Sumatera Utara juga melaksanakan kegiatan pembagian 5000 masker secara gratis kepada pengguna jalan yang melintas di Jalinsum Gunung Tua-Padang Sidimpuan KM 3,5, Tobat, Gunung Tua. Ketua DPD AMPI Paluta, Gusti Putra Hajoran Siregar menuturkan ; mengutarakan kegiatan ini dilaksanakan selain menindaklanjuti instruksi Bupati juga merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap masyarakat Paluta yang terdampak kabut asap.


Sebelum kegiatan pembagian masker gratis, acara dimulai dengan pembacaan doa. "Kita keluarga besar AMPI Paluta berharap dampak kabut asap yang melanda Paluta dan wilayah lainnya dapat diatasi secepat mungkin. Tadi dalam doa kita panjatkan, semoga Allah Yang Maha Kuasa menurunkan hujan di daerah yang terjadi kebakaran hutan dan lahan.

fokusliputan.com_ArifSiregar/PadangLawas