Kecelakaan Dalam Pekerjaan, ”Penanaman Tiang Besi Telephon Kedalam Tanah"

fokusliputan.com_Tapanuli Tengah

Berdasarkan informasi yang diterima fokusliputan.com_dari Kapolres Tapanuli Tengah Sumatera Utara AKBP Sukamat melalui Iptu R.Sipahutar menjelaskan Rabu, 21 Agustus 2019 pukul 17.00 Wib, telah terjadi Kecelakaan dalam pekerjaan, Laporan Polisi : LP/ 31 /VIII/2019/SU/RES TT/SEK Kolang. 


TKP Jalan. Sibolga - barus Km 8,5 LK III Mungkur Kelurahan Tapian Nauli II, Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Dengan pelapor;  Irwansyah Piliang , 32 Tahun ,Polri-Aspol Polsek Kolang. 

Adapun kronologisnya ; telah terjadi peristiwa tersengat listrik , dimana pada saat itu korban beserta dengan rekan kerja  (13 orang) sedang melakukan pekerjaan penanaman tiang besi telephon kedalam tanah milik PT. XL Jakarta,  dengan cara menggali tanah berbentuk lobang sedalam 140 cm. 


Kemudian menanam tiang jaringan se-tinggi 07 m. Ketika tiang besi tersebut hendak ditanam kedalam tanah oleh empat orang pekerja, tiang besi tersebut menyentuh tali kabel listrik  yang berada di pinggir jalan yang mengakibatkan ke empat pekerja tersebut terkena sengatan listrik. 

Saat memasukan tiang besi tersebut salah satu korban Jonni Hutagaol ( meninggal dunia ) memeluk tiang besi tersebut. Sementara ke tiga temannya hanya memegang tiang besi dengan menggunakan kedua tangan mereka. Tiang besi yang hendak mereka tanam terkena kabel listrik yang bertegangan tinggi dan langsung mengenai para pekerja. 


Akibatnya ke empat pekerja tersebut terkena sengatan listrik yang mengakibatkan 01 orang meninggal dunia , 3 orang di rawat di Rumah Sakit umum Dr. FL. Tobing Kota Siboga Sumatera Utara.
Kemudian, pihak pengawas telah menghubungi keluarga korban dan berkoordinasi dan rencananya korban yang meninggal dunia akan di bawa pulang ke Porsea untuk di kebumikan. 

Catatan petugas ; Korban : Jonni Hutagaol, 25 tahun,  Buruh, Porsea. ( Meninggal Dunia ). Rolas Maruli Sianturi, 30 tahun, Buruh, Siborong – borong, mengalami luka bakar pada bagian kaki sebelah kanan. Jonson Gultom, 38 tahun,   Buruh, Lumban Julu mengalami luka bakar pada bagian jari tangan kanan kiri , Jari Kaki Kanan Kiri, luka robek pada bagian dagu. Amri Sirait, 25 tahun, Buruh, Lumban Julu-Luka bakar pada bagian tangan sebelah kiri, jari jari tangan kiri. 

Saksi-Saksi : Darminto Sitorus, 38 tahun, jalan HM. Martono no 26. Bekasi. karyawan. Asri Manurung, 26 Tahun -Dusun Lapo lintong Desa jangga dolok Kecamatan Lumban julu Kabupaten Tobasa. Kejadian ini telah ditangani Satuan fungsi Unit Reskrim Polsek Kolang Tapanuli Tengah dengan barang bukti tiang telpon (Cek TKP, Ver, Rik Saksi, pernyataan kel tidak dilakukan otopsi).

fokus liputan foto : 




 fokusliputan.com