Dari Bandung Garut Datang Ke Tapanuli Tengah Sumatera Utara, “Pedagang PKL Perlukah Mengantongi Izin”

fokusliputan.com_Tapanuli Tengah

Kemeriahan yang sudah menjadi tradisi tahunan, sebagai rangkaian kegiatan menyambut datangnya tanggal sakral Kemerdekaan RI, 17 Agustus. Masyarakat antusias menggelar berbagai acara lomba , mulai dari lomba olah raga maupun berbagai lomba-lomba unik lainnya. 


Momen perayaan menyambut HUT Kemerdekaan RI ternyata tak disia-siakan oleh sebagian masyarakat untuk sedikit meraup berkah  menyambut di bulan Agustus dengan berjualan bendera di tepi jalan-jalan kota. 

Para pedagang di tepian Jalan menawarkan aneka macam bendera merah putih dengan beragam ukuran, umbul-umbul dengan aneka warna-warni yang menarik dan pernak-pernik lainnya untuk turut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. 

Meski trotoar ataupun halaman diperbolehkan "diduduki" oleh pedagang kaki lima (PKL). Para pedagang perlukah mengantongi izin lokasi serta izin berdagang. 

Tepat tanggal 25/07/2019 di jalan P Sidempuan Pandan Tapanuli Tengah Sumatera Utara,  para pedagang musiman yang menjual pernak pernik bendera sudah mulai terlihat dipinggir jalan. 

Ibu Muis asli warga Bandung Garut datang ke Tapanuli Tengah Sumatera Utara untuk berjualan menawarkan kepada pembeli aneka ragam ukuran bendera mulai dari ukuran terkecil hingga ukuran besar, dan harga-nya bervariasi. 

Bahan bahan kita dari bandung, "Ya saya asli warga Bandung Garut. Banyak yang jualan bendera itu, dari Bandung semua, sudah tradisi tahunan. Kita jualan sampai tanggal 16 Agustus, pulang sampai tanggal 17, kata Ibu Muis. 

Pedagang tersebut mengakui, “Kalau nyewa kan tempat mahal, yang ada pohon pohon-nya lah, bisa menggantungkan bendera ini. Harapan saya mudah-mudahan laku habis semua, dari yang kecil hingga yang besar ini. Seperti tahun kemarin, makanya datang kesini juga, lumayan jualan disini. Tapi saat ini belum banyak yang beli gitu, biasanya sudah berjalan dari tanggal 24 sampai nanti bulan agustus-nya. 

fokusliputan.com_langsung menghubungi Kepala Daerah Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani guna wawancara audiovisual, dengan topik wawancara telah disampaikan melalui seluler WA.(25/07/2019) 


Bakhtiar Ahmad Sibarani mengatakan lagi rapat, kami masih diluar kota. “ Humas saja tanya dek”. Media mencoba menghubungi via seluler Humas Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng) Darwin Pasaribu sesuai petunjuk Bupati. Humas Pemkab mengatakan “Saya lagi diluar, kota Medan, lagi menyetir ini. Jadi, siapa yang bisa ditemui guna konfirmasi, “nanti ya, nanti ya”. Hingga berita ini disampaikan, konfirmasi belum tersampaikan.