PRSU Digelar 8 Maret hingga 8 April 2019, Pengunjung Ditargetkan Capai 600.000 Orang

fokusliputan.com_MEDAN

Pekan Raya Sumatera Utara /PRSU tahun 2019 digelar 8 Maret hingga 8 April 2019 di Jalan Gatot Subroto Medan. Jumlah pengunjung event yang digelar setiap tahun itu ditargetkan mencapai 600.000 orang. 


“Itu yang benar-benar pengunjung, kalau dengan peserta dan tamu undangan totalnya ditargetkan hingga 1 juta pengunjung,” kata Muhammad Ferry Budiman Sumbayak, dari PT Media Kreasi Nusantara yang merupakan Promotor PRSU, pada konferensi pers di Press Room, Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa 05/03/2019. 

Turut hadir pada konferensi pers tersebut Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas Sitorus dan Ketua Panitia PRSU 2019 Nuzirwan Lubis. 

Ferry mengatakan, PRSU tahun ini akan diramaikan 500 stan yang berasal dari BUMN, BUMD, perusahaan swasta, Pemprov Sumut, Pemda Kabupaten/Kota, serta pemerintah dari negeri sahabat. Selain itu ada juga stan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang juga berjumlah 500 stan. 

“Banyak hal menarik dan baru yang didirikan di PRSU selama sebulan, salah satunya Kampung Kopi. Di Kampung Kopi pengunjung bisa menikmati beragam kegiatan seperti talkshow coffe, edukasi kopi, workshop. Untuk memanjakan pecinta kuliner, panitia mendirikan Food Island yang diisi oleh berbagai stand UMKM,” ungkapnya. 

Selain itu, juga diadakan kegiatan menarik. Di antaranya, pementasan Karo Night, Suatu Malam di Tanah Deli, Indian Night, hingga pergelaran budaya Holi Festival yang beker jasama dengan Konsulat Jenderal India. Kegiatan tersebut akan berlangsung di pentas utama PRSU. 

PRSU 2019 tetap mengadakan kegiatan yang sudah sering dilaksanakan. Di antaranya pertunjukan kesenian lokal dari kabupaten/kota, pertunjukan 18 artis ibukota, serta mengadakan lomba stan PRSU terbaik tahunan. 

“Untuk transaksi, ditargetkan selama pelaksanaan PRSU mencapai Rp 150 miliar. Hal tersebut bisa tercapai karena pada PRSU kali ini diadakan pameran perumahan atau properti, pameran dari produsen mobil dan sepeda motor,” ujar Ferry. 

Ketua Panitia PRSU 2019 Nuzirwan Lubis. "Untuk tiket masuk harian PRSU 2019 dipatok Rp 20 ribu/orang. Harga tersebut berlaku untuk hari Senin hingga Kamis. Sementara hari Jumat, Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, harga tiket dipatok Rp 25 ribu per-orang. 

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas Sitorus menyebutkan, pada PRSU tahun ini Biro Humas dan Keprotokolan turut serta memeriahkan ajang tahunan tersebut dengan kegiatan menarik. Di antaranya Bengkel Jurnalistik dan Coaching Clinic yang akan memberikan wawasan atau pengetahuan dasar kejurnalistikan baik itu tulis, foto dan video, kepada pengunjung stan. 

Selain itu, katanya, Biro Humas dan Keprotokolan juga akan mendirikan 360° photobooth. Pengunjung bisa berswafoto secara gratis di photobooth yang masih tergolong baru dan unik tersebut. Tidak hanya itu, di stan tersebut juga akan dipamerkan produk jurnalistik. Mulai dari surat kabar dari masa kolonial hingga sebelum kemerdekaan, foto tokoh pers Sumut, album foto bersejarah Sumut, buletin majalan dan lainnya.