Jamil Dan Mitra Kerja, Jelajahi Literasi Budaya Di Tanah Kalimantan

fokusliputan.com_Kalimantan 

Alhamdulillah, Saya Jamil berkesempatan berziarah ke makam para Aulia di Museum Kerajaan Mulawarman KutaiKartanegara. Mumpung berada di Kalimantan, untuk menambah pemahaman literasi budaya dan sejarah yang salah satunya populer di negeri kalimantan ini, Kota Tenggarong merupakan Ibukota Kerajaan Kutai Kartanegara.  


Bersama rekan mitra kerja , kami menyusuri Kota Tenggarong berkunjung dan memahami sejarah Kerajaan Mulawarman-Kutai Kartanegara dimana para aulia dan pemuka dimakamkan di tempat ini. 


Kisah sejarah kami dapati dari juru makam yang berada disini untuk bercerita sedikit tentang Kesultanan Kutai yang salah satunya adalah Mulawarman. Kesultanan Kutai atau lebih lengkap disebut Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura (Martapura) merupakan kesultanan bercorak Islam yang berdiri pada tahun 1300 oleh Aji Batara Agung Dewa Sakti di Kutai Lama dan berakhir pada 1960. Kemudian pada tahun 2001 kembali eksis di Kalimantan Timur setelah dihidupkan lagi oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan adat Kutai Kedaton. 


Begitulah kisah singkatnya yang pasti akan sangat panjang jika dituliskan setiap detilnya. Intinya bahwa peradaban Islam sangat kental di tanah ini, tiap makam Aulia dan generasi kesultanan Kutaikartanegara diukir dengan kaligrafi arab yang artistik. 

Doa kami haturkan semoga para Aulia dilapangkan dalam kuburnya dan apa yang telah mereka bangun sehingga Islam tegak ditengah nusantara menjadi ganjaran surga. Aamiin.