Warga Hutabalang Badiri Tapanuli Tengah, Karyawan PT. AEP Tewas, Diduga Kecelakaan Kerja

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH

Peristiwa ini terjadi pada hari Sabtu tanggal 08 Desember 2018), sekitar pukul 16.00 Wib. TKP di Divisi VII Perkebunan PT. AEP dusun I desa Lumut Maju Kecamatan Lumut Kabupaten Tapanuli Tengah, telah ditemukan seorang mayat laki-laki bernama Linton Manalu (korban), 47 tahun , merupakan Karyawan PT.  AEP, lingkungan VIII Banjar Toba Kelurahan Hutabalang Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli tengah. Korban diduga meninggal akibat kecelakaan kerja.  


Kapolres Tapanuli Tengah AKBP SUKAMAT,SH,SIK melalui Paur Humas Polres Tapteng IPTU R.Sipahutar membenarkan informasi tersebut, 09/12/2018. Kepada fokusliputan.com, Humas Iptu R.Sipahutar menerangkan adapun kronologis kejadian tepat hari Sabtu 08 Desember 2018 sekitar pukul 12.30 Wib , Manager I PT. AEP atas nama Trihardo Saragih memanggil dan meminta kepada Mandor Lapangan perkebunan PT.AEP Dirpen Gulo agar menyuruh karyawan-pekerja PT. AEP untuk menebang pohon yang berada di daerah perbukitan di divisi VII dusun I desa Lumut maju Kecamatan Lumut. 

Kemudian Dirpen Gulo menyuruh karyawan PT.  AEP Linton Manalu dan Dedi Alamsyah untuk menebang pohon di lokasi tersebut dengan membawa sebuah alat berupa gergaji mesin Chin saw. 

Korban meminta agar Dedi Alamsyah tidak usah ikut ke lokasi dengan alasan lokasi kerja perbukitan sempit. Kemudian korban pergi menuju lokasi kerja sendirian, lalu Dedi Alamsyah menunggu dibawah. Kemudian Dedi Alamsyah dan kawan lainnya melihat pohon telah ditebang oleh korban. Sambil menunggu korban turun dari perbukitan di lokasi kerja. Namun, setelah 15 menit, korban tidak juga turun dari lokasi kerja dan tidak lagi mendengar suara mesin chin saw. 

Kemudian saksi Erwin Manalu berteriak memanggil korban, namun tidak ada balasan. Kemudian Erwin Manalu bersama dengan Dedi Alamsyah,  Sehat Manullang menuju perbukitan lokasi kerja korban dan melihat korban sudah tidak bernyawa lagi. Akibat kejadian tersebut, korban ditemukan patah tangan kiri dan luka robek pada kelamin korban. 

Menurut data dari petugas, adapun saksi yang melihat korban di TKP ;Erwin Manalu,  27 tahun,  karyawan PT.  AEP, lingkungan VIII banjar toba Kelurahan Hutabalang Kecamatan Badiri Kabupaten Tapteng. Saksi kedua; Dedi Alamsyah,  32 tahun, Karyawan PT.  AEP,  Lingkungan II Hulu jalan Bandara Kelurahan Pinang sori Kecamatan Pinangsori tapteng. Saksi ketiga ; Sehat Manullang,  34 tahun,  karyawan PT.  AEP lingkunganVIII Banjar toba Kelurahan Hutabalang kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Selanjutnya, korban di bawa ke puskesmas Pinang sori dan korban diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan.

FOKUS LIPUTAN FOTO - TKP