Wagubsu Buka Indonesia International Bikers Sumatera Bike Week, Wujud Persaudaraan Pemotor

fokusliputan.com_MEDAN 

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah membuka even Indonesia International Bikers, Sumatera Bike Week di Lapangan Benteng Medan, Kamis (29/11/2018). Dalam sambutanya, seluruh pemotor dan klub motor diminta untuk terus menjaga rasa persaudaraan. 


Even yang digelar bergandengan dengan Festival Kuliner dan Kopi Olahan UKM Sumatera Utara selama empat hari ini (29 November-2 Desember) menghadirkan berbagai klub motor seperti Harley-Davidson Club' Indonesia (HDCI) dan Xtrim Indonesia serta lainnya. Pengunjung juga dapat melihat berbagai pameran sepeda motor, berbelanja merchandise, game serta menikmati kuliner. 

"Kami berharap kita semua mendukung pembangunan yang ada berjalan hingga lima tahun ke depan. Karena itu, terimakasih kepada seluruh jajaran baik HDCI dan Xtrim Indonesia serta masyarakat Sumatera Utara," sebut Wagubsu dalam sambutannya.
Sumatera Bike Week ini, kata Wagubsu, adalah yang keempat kalinya digelar di beberapa provinsi se Sumatera. Diawali Medan (2012), Pekanbaru (2014), Palembang (2016) dan kembai digelar di Medan untuk tahun ini. 

Wagubsu berpesan agar seluruh klub motor atau pemotor yang hadir meramaikan acara ini, untuk mengingat bahwa tidak perlu ada perbedaan antara sesama. Tidak melihat ukuran besar atau kecil, atau darimana asalnya, semua harus menjaga rasa persaudaraan dan persahabatan. Khususnya bagi Sumatera Utara, eksistensi klub motor secara tidak langsung memberikan dampak positif bagi pembangunan perekonomian kreatif bidang pariwisata. 

"Jadi ini bukan hanya sekedar hobi, tetapi juga bagaimana kita bisa bermanfaat bagi masyarakat. Karena ini membantu promosi khususnya pariwisata kita, sepeti Danau Toba," sebut Wagub yang juga Ketua HDCI Sumut. 

Pria yang akrab disapa Ijeck ini juga menceritakan bagaimana perkenalannya dengan Ketua Umum HDCI Pusat, Nanan Sukarna yang pada masa lalu, masih menjabat sebagai Kapolda Sumut. Hingga sekarang, persahabatan mereka tetap terjalin baik. 

"Jadi saya dengan beliau (Nanan Sukarna) ini dulu touring bersama dalam rangka kegiatan sosial. Saat itu, beliau masih Kapolda Sumut, belum jadi Ketua HDCI. Tetapi sampai sekarang pun, kami terus bersilaturahim," jelas Wagubsu, didampingi Wakil Ketua Dekranasda Sumut Sri Ayu Muhari Musa Rajekshah yang juga setelahnya membuka secara resmi Festival Kuliner dan Kopi Olahan di lokasi yang sama. 


Sementara Ketua Umum HDCI Pusat Nanan Sukarna berpesan kepada semua pemotor (Bikers) agar selain mengedepankan hobi dan fashion (penampilan), juga harus menjaga manfaat baik bagi masyarakat maupun untuk urusan ibadah. Sehingga ada keseimbangan antara dunia dan akhirat.  

"Kita dukung Gubernur dan Wakil Gubernur dalam meningkatkan UKM dan kepariwisataan. Makanya kita mau buat video yang bagus, untuk bisa 'dijual' ke luar negeri. Kalau ini baik, kita bisa hadirkan teman-teman dari negara lain untuk hadir di sini," sebutnya. 

Mereka pun berharap, cita-cita memajukan masyarakat dan mendukung program pemerintah, bisa tercapai dengan mengedepankan manfaat keberadaan klub motor. Terutama soal dukungan kepada ekonomi kreatif sekaligus wawasan kebangsaan. 

Hadir juga dalam pembukaan even tersebut Ketua Xtrim Indonesia Dodi, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dan Bupati Labura Kharuddin Syah Sitorus. Even tersebut juga menarik perhatian para wisatawan mancanegara yang antusias melihat berbagai stand pameran.