Tidak berhasil Meraih UHC Universal Health Coverage-BPJS, Rumah Sakit Diprediksi akan tutup

fokusliputan.com.TAPANULI SELATAN

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Padangsidimpuan Yasmin Ramadan Harahap saat dikonfirmasi via selularnya di nomor 08137723xxxx belum bersedia mengangkat. Melalui pesan Whatsaap Ia juga tidak berkomentar banyak. “Maaf saya gak bisa angkat telp. Lagi ada pertemuan di Medan dengan pusat,” tulisnya


Direktur LSM Peduli Pengembangan Pembangunan Pantai Barat Sumut (P4BSU) Jamil Zeb Tumori,SH,MAP kepada sibolganews (Senin,Sore 5/11/2018) menuturkan hingga kini BPJS Kesehatan Padangsidimpuan belum juga menjalin kerjasama dengan sejumlah rumah sakit di Tabagsel. Hal itu menyebabkan rumah sakit menjadi sepi pasien. Pasien yang dirawat hanyalah pasien umum dan pasien pemegang asuransi kesehatan saja.  Diketahui, BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan membawahi 5 Kepala Perwakilan Kabupaten Kota, yaitu Padangsidimpuan, Padang Lawas (Palas), Padang Lawas Utara (Paluta), Mandailing Natal (Madina) dan Tapanuli Selatan.

Tidak terjalinnya kerjasama antara pihak BPJS Kesehatan dengan sejumlah rumah Sakit, diduga diakibatkan ketidakmampuan Oknum Kepala BPJS Padangsidimpuan dalam hal menjalin silaturahmi serta kerjasama dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah kerjanya, ujar Jamil (06/11).

Dengan demikian, pihak BPJS Kesehatan Padangsidimpuan tidak berhasil membentuk dan meraih UHC (Universal Health Coverage). Hal itu, akibat kekakuan dari Oknum Kepala BPJS Kesehatan Padangsidimpuan. Ini akan berdampak, BPJS akan mengakibatkan sejumlah rumah sakit akan tutup gulung tikar.

Lanjutnya, pihak LSM P4BSU , pihaknya telah berupaya menjalin komunikasi dengan Kepala BPJS bersangkutan. Hal itu terkait pemberdayaan rumah sakit yang ada di wilayah Tabagsel serta guna perwujudan UHC. Bahkan informasinya, di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), salah satu rumah sakit sudah tidak beroperasional lagi. Berdasarkan investigasi, ada beberapa rumah sakit yang terancam akan tutup (gulung tikar) di wilayah kerja BPJS Kesehatan Padangsidimpuan. Diantaranya, Rumah Sakit Berkah di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Rumah Sakit Metta Medica di Padangsidimpuan serta Rumah sakit di Kabupaten Madina.