Peringatan Hari Kesehatan Tingkat Tapteng, Dirangkai Dengan Penyerahan Hadiah Puskesmas Terbaik

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH 

Peringatan Hari Kesehatan Tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah ke 54 Tahun 2018, dirangkai dengan Pemotangan Kue Ulang Tahun dan Penyerahan Hadiah Puskesmas Terbaik dilaksanakan di Halaman Upacara Kantor Bupati Tapteng Senin 12/11/2018.


Wakil Bupati Darwin Sitompul selaku Inspektur Upacara membacakan Sambutan Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM.  Peringatan Hari Hari Kesehatan Nasional Ke-54  yang saat ini kita laksanakan, angkat Tema "Aku Cinta Sehat" dengan sub tema "Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita". Tema tersebut dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang menyoroti pada tingkat individu untuk meningkatkan berperilaku hidup sehat.

Peringatan HKN ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk berkah kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, semua komponen bangsa-anak dan dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promosi-pencegahan tanpa melalui kuratif dan rehabilitatif . Mengembangkan pola-pola kearah promotif preventif dengan melupakan perilaku yang berasal dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) telah diprakarsai oleh Presiden RI menjadi Gerakan Nasional yang tertuang dalam Inpres No.1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Hari Pelatihan Nasional Ke-54 yang bertepatan dengan empat tahun Pemerintahan Jokowi-JK, kita yang bersyukur bahwa berbagai Program Kesehatan yang dilaksanakan telah berjalan dengan baik. Han dapat kami ref eksikan melalui hasil-hasil pembangunan Kesehatan yang memungkinkan untuk memperluas akses layanan Kesehatan dan layanan yang lebih baik untuk meningkatkan akses layanan kesehatan melalui konversi finansial telah melalui iuran bagi penerima bantuan lindung (PIB) sebesar 87,8 juta jiwa pada tahun 2015 menjadi 92,3 juta jiwa. Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menerima layanan JKN dari 19.969 tahun 2015 menjadi 21.763 pada tahun 2017.

Untuk fasilitas tingkat TERLAMBAT dari 1.847 faskes pada tahun 2015 menjadi 2.292 pada tahun 2017. Pemenuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan untuk pelayanan kesehatan daerah di daerah Daerah Terpencil, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK), hingga tahun 2017 Pemerintah telah menempatkan 6.316 tenaga kesehatan melalui Nusantara Sehat (NS), Wajib Kerja Dokter Spesdialis (WKDS) dan penugasan khusus dokter spesialis Pemerintah pada tahun 2017 untuk meningkatkan kualitas layanan dan sarana untuk pertama kali 375 rehabilitasi Puskesmas, 35 gedung Gedung, 750 pembangunan baru Puskesmas, 34 Unit Puskesmas keliling keterbatasan, 537 Unit Puskesmas keliling roda empat, Penyediaan 1.650 Unit ambulans roda dua, 86 Unit ambulans roda empat dan 2.525 peningkatan sarana dan prasarana Puskesmas, serta 10.437 belanja alat kesehatan di Puskesmas. Saat ini untuk fasilitas kesehatan sudah ada 104 rumah sakit rujukan regional, 20 RS rujukan provinsi, 4 RS rujukan Nasional, dan 408 RSUD lainnya.

Untuk capaian program HIV / AIDS melalui upaya terobosan Temukan, Obati, Pertahankan pengobatan ARV (TOP) sampai 2017 telah diberikan ARV sebanyak 87.031 Orang Dengan HIV / AIDS (ODHA). Dalam Upaya penanganan TBC melalui upaya Inovasi Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) dengan melaksanakan kegiatan Program Indonesia Sehat Keluarga (PIS-PK), diperoleh tingkat keberhasilan minimal 85% sampai 2017 di 307 Kab / Kota, status proposi gizi sangat pendek dan pendek pada Balita mengalami penurunan dari 37,2% pada tahun 2013, menjadi 30,8% di tahun 2018 (data RISKESDAS)


Selain itu kami juga masih menghadapi tantangan yang masih terjadi di Indonesia. Angka kematian ibu, diantaranya masih tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular Ini harus segera diangkat jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang. Terutama Puskesmas, ini perlu saya ingatkan pada para kepala dinas dan kepala puskesmas agar dapat mengintegrasikan semua potensi yang ada di antara masing-masing Puskesmas dan tenaga kesehatan yang dibutuhkan untuk mencerdaskan masyarakat untuk hidup secara berkelanjutan dan sehat.

Saat ini diperlukan anggaran untuk bidang kesehatan yang dibuat oleh pemerintah cukup besar, sehingga sangat mudah dan sehat untuk orang-orang yang dapat membantu dengan sebaik-baiknya. Saudara-saudara yang saya hormati, Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh insan kesehatan baik dijajaran Kementerian Kesehatan atau ditingkat daerah agar menjadikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 sebagai momentum untuk merefleksikan Kembali ke negara-negara yang berhasil membangun kesehatan yang telah dilaksanakan dan mencapai tingkat tertinggi.

Lintas sektor, dalam memuaskan Pembangunan Kesehatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional saat di mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan. semangat untuk mampu mendorong aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian tingkat kesehatan yang ditentukan dari mereka yang masing-masing dari mereka. Oleh karena itu Kementerian Kesehatan mendorong terlaksananya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). 

Dengan GERMAS, kami mengajak bekerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat. Oleh karena itu saya ingin memberikan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, kepala daerah, badan usaha, organisasi masyarakat dan lain-lain, dan dimasa yang akan dilakukan pembangunan  Kesehatan akan terus mengalami kemajuan dan dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang sehat dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. 

Untuk itu saya mengajak kita semua untuk mengikuti seluruh rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional dengan penuh semangat dan suka cita. Selanjutnya saya mengajak kita semua untuk senantiasa mengenang layanan para pejuang pembangunan kesehatan, meneladani semangat dan pengabdian mereka serta mendoakannya agar mendapatkan ampunan dan tempat yang layak disisi Tuhan Yang Maha Esa. Selamat Hari Kesehatan Nasional, "AKU CINTA SEHAT" "AYO HIDUP SEHAT, MULAI DARI KITA".

Peringatan Hari Kesehatan Tingkat Tapteng turut dihadiri Sekdakab Tapteng Hendri Susanto Lumbantobing, Staf Ahli Bupati Tapteng, Para Asisten, OPD Tapteng dan ASN Lingkungan Pemkab Tapteng. Adapun Juara Terbaik Tingkat Kabupaten Tapteng Juara I Puskesmas Poriaha, Juara II Puskesmas Pinang Sori, Juara III Puskesmas  Badiri, Juara Harapan I Puskesmas Tukka, Juara Harapan II Puskesmas Kalangan dan Juara Harapan III Puskesmas Sarudik.