Nung Neng Riwayatmu Kini, "alat musik tradisional Tabagsel"

Nung Neng alat musik tradisional Tabagsel(Tapanuli Bagian Selatan)yang nyaris punah.Nung Neng adalah alat musik pukul dan tiup yang seluruh bahannya terbuat dari bambu. Namun seiring perekembangan zaman, permainan musik ini sudah diiringi alat musik petik sejenis gitar.


Nung Neng diyakini merupakan alat musik pertama yang diciptakan leluhur orang Tabagsel. Namun seiring perkembangan zaman, alat musik ini mulai ditinggalkan dan menghilang.Sebagai bentuk keprihatinan agar musik tradisional tetap dikenal orang dan lestari selamanya,di Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan ada nomenklatur Bidang Kebudayaan yang melestarikan musik tradisional ini.

"Di Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan ada nomenklatur Bidang Kebudayaan. Saya bersama teman-teman mencoba memunculkan sesuatu yang baru, namun tidak asing bagi masyarakat kita. Kami memilih Nung Neng sebagai alat musik warisan leluhur yang sudah nyaris hilang untuk dimunculkan kembali,
"terang Kadis Pendidikan Ahmad Ibrahim Lubis,Jumat(23/11/2018).

Sebagai bentuk perhatian terhadap musik tradisional ini diungkapkan Ahmad Ibrahim,dalam rangka memeriahkan HUT Pemkab Tapanuli Selatan ke 68, Dinas Pendidikan Daerah menampilkan pagelaran Nung Neng.

"Pagelaran Nung Neng dipimpin langsung oleh saya sendiri dan digelar di panggung utama pusat peringatan dan kemeriahan HUT Pemkab Tapsel ke 68 di Lapangan Sarasi II Bintuju, Kec. Angkola Muaratais,pada Jumat tanggal 23 November 2018.Dan pada pagelaran Nung Neng ini Dinas Pendidikan menampilkan group siswa-siswi SMP Negeri 1 Marancar"pungkasnya.

(wal/dham)