KEBIJAKAN YANG AKAN DILAKUKAN BANDAR UDARA FL TOBING PINANGSORI TAPANULI TENGAH, AKHIR TAHUN SAMBUT MUDIK NATAL 2018-TAHUN BARU 2019

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH

Berdasarkan permintaan warga, untuk mengetahui informasi Bandara Udara Ferdinan Lumbantobing terkini up-date November, Desember akhir tahun 2018 hingga Januari 2019. fokusliputan.com langsung melakukan wawancara dengan Kepala Bandara Udara Farel T Lumbantobing,ST,MT. Konfirmasi dilakukan langsung diruang kerja Kantor Kepala Bandara Dr.FL Tobing Tapanuli Tengah. (29/11/2018). 


Kepada fokusliputan.com, Kepala Bandara Udara (Kabandara) Dr.FLTobing Pinang Sori Kabupaten Tapanuli Tengah Bapak Farel T.Lumbantobing mengatakan dalam rangka Natal dan Tahun baru ini, kita sudah mempersiapkan semua infrastruktur terkait bandara ini agar siap menyambut Natal dan Tahun Baru. Kita saat ini sudah menambah lahan parkir, kemudian pertanggal 10 desember nanti, menambah jadwal frekuensi penerbangannya jadi dua kali dari Jakarta, PT Garuda akan menambah frekuensi penerbangannya tiap hari, dari Jakarta ke Sibolga pulang pergi, itu merupakan suatu kebanggaan bagi Kabupaten Tapanuli Tengah bahwa dengan bertambahnya frekuensi penerbangan sehingga menambah pilihan daripada penumpang untuk naik pesawat. 

Lanjutnya, “Ya, kita telah merenovasi untuk terminal, yang dulunya mungkin dirasakan oleh penumpang itu kurang dingin -AC nya, kita sudah memperbaikinya. Kemudian akses daripada penumpang terkait dengan mobil angkutan sipenumpang kita benahi dengan menambah parkir tadi. (28/11/2018). 

“Kalau kita lihat di tahun 2017 itu, penumpang yang datang dan berangkat dari Sibolga ini dari Bandara Ferdinan Lumbantobing ini adalah 164.500-san penumpang. Dan, kita akan prediksi di 2018 akan meningkat minimal dia 10 persen %, karena itu juga diakibatkan oleh Garuda menambah frekuensi penerbangan, kita harapkan diatas 170.000 penumpang. 

Bagaimana dengan fasilitas kursi roda bagi penumpang berkebutuhan khusus, taman landscape dengan konsep ruang terbuka yang terletak ditengah area parkir kendaran roda empat, dipasangnya monitor flight information display system FIDS berukuran besar semakin memudahkan penumpang dan penjemput untuk memantau status penerbangan secara real time? 

Lebih lanjut Kabandara berkomentar, sebenarnya untuk terminal sendiri kita sudah menyiapkan semua itu, untuk kursi roda kita siapkan. Kemudian untuk keterkaitan dengan informasi kepenumpang berupa FIDS, itu sudah ada sebenarnya, tapi pelan pelan kita benahi, akan kita tambah tampilannya monitornya. Kemudian keterkaitan dengan ontime pesawat, kita harapkan operator semua unit akan ontime. 

Monitoring data. Seperti tahun – tahun yang lalu dan kemudian arahan dari pimpinan kita di Jakarta bahwa posko itu harus kita siapkan dan akan melibatkan instansi-instansi yang selalu membantu kita, dalam hal kenyamanan, terkait dengan kesehatan , akan kita libatkan semua, kita buatkan tersendiri posko tersebut, sehingga terkait pengaduan masyarakat keterkaitan dengan keselamatan kenyamanan penumpang , mereka akan otomatis akan berkoordinasi dengan posko tersebut. Dan, posko itu akan kita bentuk sesuai dengan arahan ke-Menterian Perhubungan pertanggal 18 Desember dan akan memakan waktu sekitar 18 hari sampai Tahun Baru, ujarnya

Selanjutnya, kata Kabandara FL Tobing lagi “Ya, pertanggal 18 desember akan kita buat posko untuk Natal, 18 hari kemudian baru bisa tutup posko tersebut. Yang namanya delay, kita tidak harapkan itu, tapi kita sampaikan ke operator. Dan kalaupun delay itu terjadi itu diluar kemampuan kita juga karna faktor cuaca, dimana kita tahu bahwa perhubungan udara itu selalu mengutamakan keselamatan penerbangan.”bebernya. 

Dapat disampaikan, bahwa posisi perluasan parkir itu bukan mengganggu alur arus penumpang kendaraan masuk maupun keluar. Terkait masalah harga tiket pesawat itu, semua sudah diatur oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, itu ada batas bawah dan batas atas. Jadi, kalaupun mereka menyalahin aturan tersebut , kita otomatis akan melaporkan ke kantor pusat untuk menyatakan bahwa sioperator itu telah menyalahi aturan main Dirjend, dan itu ada hukumannya buat mereka. Terkait dengan itu, nanti akan dikumpulkan oleh kantor pusat terkait dengan masalah tidak memenuhi daripada harga tiket tersebut, namun pasti ada hukumannya. 

Diluar konteks diatas, dari hasil pantauan fokusliputan.com dilapangan, akses jalan menuju Bandara, kondisi jalan bandara tersebut dalam perbaikan pengaspalan , jalan berlobang telah ditutupi, sehingga menciptakan kenyamanan kendaraan menuju Bandara Dr.FL Tobing. Namun, hingga saat ini, fasilitas armada Bus Damri untuk kepentingan bersama memajukan wisata mewujudkan sebagai daerah wisata, fokusliputan.com belum menerima informasinya. 

FOKUS LIPUTAN FOTO :










WWW.FOKUSLIPUTAN.COM