Ballroom PIA Hotel, Dinas Koperasi UKM Tapteng Beri Penghargaan Bagi Koperasi Berprestasi.

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH

Kabupaten Tapanuli Tengah memberikan penghargaan bagi koperasi berprestasi. Acara pemberian penghargaan dilaksanakan di Ballroom PIA Hotel, Selasa, 27 November 2018. Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Tapteng Antonius Simanjuntak, Plt Kadis Koperasi dan UKM Tapteng Hilman Tarihoran, Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi Tapteng Jambi Hutagalung, Kabid Koperasi dan UKM Dinas Koperasi Tapteng Sudarman Siringo-ringo, serta para pengurus koperasi se-Kabupaten Tapanuli Tengah. 


Diinformasikan, ada enam koperasi berprestasi yang mendapatkan penghargaan yakni, CU Dosnitahi Pinangsori sebagai juara 1. Koperasi ini sudah berdiri selama 30 tahun dan sudah memiliki aset senilai Rp 120 Milyar. Kemudian CU Saroha Sorkam Barat diposisi juara 2, CU Satolop Pangaribuan Andam Dewi juara 3. 

Selanjutnya, Koptan Tani Sehat Sosorgadong juara harapan 1, KSU Maju Sejahtera Sirandorung juara harapan 2, KPN Kupeda Tapian Nauli juara harapan 3. 

Dalam laporannya, disampaikan oleh Plt Kadis Koperasi Kabupaten Tapanuli Tengah Hilman Tarihoran bahwa pemberian penghargaan tersebut bertujuan untuk memacu semangat koperasi untuk saling berkompetisi menjadi koperasi yang terbaik. Ini juga menjadi sebuah motivasi bagi koperasi lainnya untuk lebih giat meningkatkan perekonomian anggota dan masyarakat umum yang terlibat didalamnya,beber Hilman Tarihoran. 

Lanjut Hilman, koperasi yang terpilih menjadi koperasi berprestasi telah melewati suatu proses penilaian sesuai dengan kriteria penilaian dan ketaatan para pengurus koperasi dalam melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) selama 3 tahun berturut-turut dan melaporkan hasilnya ke bidang koperasi. Inilah pentingnya RAT bagi koperasi untuk mengetahui perkembangan keuangan, bentuk usaha, jumlah anggota dan SHU tahun demi tahun. 

Melalui kegiatan ini, Hilman berharap terjadi pola baru bagi koperasi untuk lebih peduli dalam melakukan RAT dan mau bersinergi dengan Dinas Koperasi dan UKM Tapteng. 

Bupati Tapteng dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Tapteng, Antonius Simanjuntak mengatakan, pemerintah akan tetap menyelenggarakan program-program pengembangan usaha koperasi dalam bidang produksi, pemasaran, peningkatan sumber daya manusia, teknologi dan pengembangan permodalan koperasi agar koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

Oleh karena itu, mari kita tumbuhkan koperasi-koperasi ditiap-tiap daerah kita, baik kecamatan maupun desa agar koperasi tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, imbaunya.