PEMBUKAAN SINODE GODANG HKBP KE-64 SUKSES

FOKUS LIPUTAN. TAPANULI UTARA

Acara Sinode Godang HKBP dilaksanakan mulai Selasa s/d Jumat tanggal 9 – 12 Oktober 2018, yang mengambil Tema “Paulihon Dohot Manuan Marruhut na Denggan Jala Maratur” (membangun dan menanam dengan sopan dan teratur), yang dibuka langsung oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing. Kegiatan ini bertujuan untuk membahas tentang perkembangan dan tantangan pelayanan HKBP, mulai dari tingkat jemaat, resort, distrik dan pusat.


Wali Kota Sibolga Drs H.M. Syarfi Hutauruk, M.M, turut menghadiri acara Pembukaan Sinode Godang Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ke-64, Selasa (9/10), di Gedung Seminarium Sipoholon, Pearaja, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. 

Syarfi Hutauruk didaulat untuk menyampaikan kata sambutan mewakili Kepala Daerah yang hadir. Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga mengatakan “Indonesia adalah sebuah negara yang penduduknya majemuk dari segi suku bangsa, budaya dan agama. Kemajemukan tersebut bukanlah halangan untuk mewujudkan Persatuan dan Kesatuan untuk mewujudkan cita-cita Nasional dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lanjutnya, bahwa salah satu yang utama tugas para pelayan gereja adalah melayani bukan untuk dilayani. Gereja juga harus dapat berbuat dan memikirkan apa yang belum diperbuat orang lain demi kemajuan dan kelangsungan hidup manusia itu sendiri yang benar-benar bermartabat dihadapan sesama manusia terlebih dihadapan Tuhan. Usai menyampaikan kata sambutan, Wali Kota Sibolga Drs.H.M. Syarfi Hutauruk, M.M dengan didampingi Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, menyerahkan sumbangan partisipasi untuk kegiatan tersebut.

Tak hanya itu, acara tersebut juga dihadiri Ketua Umum PGI Pdt. Dr. Henriette Tabita Lebang M.Th, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Staf Ahli, Ketua PGI SUMUT, Bupati TOBASA, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, para Praeses dari 31 Distrik, para Pendeta dan Penatua sebagai peserta Sinode, serta masyarakat.