Gubsu Menuju TAPSEL, Rundown Kunker Kapoldasu di Sibolga Tapteng

FOKUS LIPUTAN. TAPANULI TENGAH

Pasca cuaca buruk yang melanda Tapanuli Selatan, tertanggal 10-13 Oktober 2018, beberapa desa pemukiman warga banyak yang rusak, mata pencaharian menurun drastis, , infrastruktur sarana dan prasarana banyak yang rusak, baik diakibatkan luapan air (banjir), dan pengikisan tanah longsor. Desa yang mengalami banjir sekitar Sibara-bara,  kelurahan Raniate, dan Dusun Pardomuan. Titik kerusakan ada di Angkola Sangkunur, yang mengalami longor empat titik dan 3 jembatan rusak. Kemudian di Angkola Selatan terdapat 3 titik longsor serta saluran air bersih yang rusak. (15/10/2018)


Begitu juga, di daerah Batangtoru, rumah ambruk akibat tanah longsor, empat tiang listrik di Sayurmatinggi rusak mengakibatkan rumah penduduk tertimpa. Pihak BPBD Kabupaten Tapanuli Selatan telah memonitoring berbagai bencana yang terjadi di beberapa titik, serta memberikan bantuan pertolongan logistik kepada warga.

Tepat tanggal 15/10/2018, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi langsung melakukan kunjungan sosial kelokasi bencana alam. Gubernur Sumut tiba di Bandara Udara FL Tobing sekitar pukul 08.50 dengan menggunakan armada Wings Air IW1258. Mobil BK 9 WT tampak di terminal bandara. Seluruh Staf kerja Pemprovsu Medan Sumatera Utara dilibatkan dalam misi kemanusiaan, serta Pemkab Tapsel SKPD , baik TNI-Polri, stakeholder telah siap siaga melakukan pertolongan baik logistik, sandang dan pangan, dan mengevakuasi situasi terkini.

Kepala Bandar Udara FL Tobing Farel T Lumban Tobing saat dihubungi FOKUS LIPUTAN melalui WA membenarkan kunjungan Pak Gubernur Sumatera Utara menuju Tapsel. Melalui Humas Bandar Udara FL Tobing Jansen Saragih kepada FOKUS LIPUTAN menuturkan selain itu, besok juga Kapoldasu akan tiba di Bandara Udara FL Tobing . Notulen nya kegiatan telah kita terima. Rundown Kunjungan Kerja Bapak Kapoldasu. Adapun kegiatan tersebut yang diterima FOKUS LIPUTAN dari pihak bandar Udara FL Tobing Dishub Bandar Udara, bahwa Kapoldasu melaksanakan berbagai kunjungan kegiatan mulai tanggal 16 Oktober-18 Oktober 2018.


Selasa 16 oktober 2018 Kapoldasu beserta rombongan Take Off dari Bandara Kualanamu menuju Bandara PinangSori Kabupaten Tapanuli Tengah , disambut Forkopimda Sibolga Tapteng dan beristrahat diruang Vip Bandara Pinangsori. Selanjutnya, melaksanakan Kunker, penyambutan pengalungan bunga oleh Pocil dan Ogek Uning Sibolga, serta di gedung Nasional  paparan Lapsat Sibolga Tapteng. Pukul 11.00- 12.00 Wib, Giat Ibu Ketua Bhayangkari (Ibu Kapoldasu),  Kapoldasu  menuju Barus bersama rombongan tiba dipapan tinggi, selanjutnya menuju Makam Mahligai, penanaman pohon Kurma.  Selanjutnya Kapoldasu dan Ibu Ketua Bhayangkari daerah menuju kediaman Bupati Tapteng di Barus, para pejabat utama menuju ke Hotel Fansuri. Pukul 20.00-22.00 Wib Kapoldasu dan rombongan menghadiri hiburan rakyat di Barus, selanjutnya berangkat dari Barus menuju Hotel Pia Pandan.

Rabu Tanggal 17 Oktober 2018,  Kapoldasu Sumut beserta rombongan melaksanakan kunjungan ke Makorem 023/KS. Pukul 12.00 wib-15.00 wib Kapoldasu melaksanakan silahturahmi dan tatap muka dengan Forkopimda Sibolga Tapteng dan Komunitas Masyarakat Penggali Kubur, Bilal, Tukang Becak, Marbot Mesjid Anak Yatim, pembagian sembako, mengunjungi hajoran tapteng , dan Ibu ketua Bhayangkari daerah dan Ibu Bupati Tapteng beserta rombongan menuju Hotel Pia untuk melaksanakan kegiatan KB-Kes. Kamis, 18 oktober 2018 , menuju Gereja Khatolik Pandan untuk membuka kegiatan Pesparangi, selanjutnya Kapoldasu beserta rombongan menuju Asrama Haji Pinangsori tapteng dengan menyerahkan bantuan 34 Unit hard traktor dan hard Sprayer 40 unit dihadiri 300 penerima sekaligus pembagian beras kepada masyarakat kurang mampu.