TNI-AL WUJUDKAN KESEJAHTERAAN MELALUI LAUT, APEL MAKO LANAL SIBOLGA UPACARA HUT - 73 TNI AL

fokusliputan.com_SIBOLGA

Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut. Bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Sibolga, TNI Angkatan Laut melaksanakan Upacara HUT-TNI AL Ke-73 Tahun 2018, tepat pada hari Senin, tanggal 10 September 2018 Pukul 08.10 Wib.


Tertib acara ; Komandan Upacara memasuki lapangan. Pembacaan sejarah singkat TNI AL. Irup memasuki lapangan upacara. Menyanyikan lagu Mars TNI AL. Penghormatan pasukan kepada Irup. Laporan Danup kepada Irup dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan. Mengheningkan cipta. Pengucapan Sapta Marga oleh Serda Mes Hendrianto. Andika Bayangkari. Laporan Danup kepada Irup. Penghormatan pasukan kepada Irup.


Hadir dalam upacara tersebut, mewakili Danrem 023/KS Letkol Caj Drs. Haryadi, Dandim 0211/TT Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu, Dansatradar 234 Mayor Lek Alfred, Kapolresta Sibolga AKBP Edwin H Hariandja S.I.K, Kapolres Tapteng AKBP Hary Setio Budi S.I.K, Asisten II Kota Sibolga Hendra Darmalius, Palaksa Lanal Sibolga Mayor Laut (P) Alamsyah P. Tanjung, Kajari Sibolga Timbul Pasaribu, Kepala Imigrasi Kelas II Sibolga Samuel P. Panggabean.

Begitu juga, dihadiri oleh Susunan pasukan, 1 Pleton Perwira gabungan TNI Polri, 1 Pleton Korem 023/KS, 1 Pleton Lanal Sibolga, 1 Pleton Satradar 234, 1 Pleton Polresta Sibolga, 1 Pleton Unsur Maritim dan 1 Pleton Pramuka.

Amanat Kasal yang dibacakan oleh Irup, bahwa makna dari tema saat ini TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim yang berjaya di laut, untuk mewujudkannya TNI Angkatan Laut harus terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus sehingga mampu memberikan jaminan stabilitas keamanan maritim baik diwilayah perairan yuridiksi Nasional Indonesia maupun di kawasan yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Selanjutnya, Pelihara dan tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian kepada bangsa dan negara. Tingkatkan terus kualitas diri sebagai Prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional, pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut dalam setiap pelaksanaan tugas. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, disertai kerelaan berkorban dan integritas yang tinggi dalam setiap pengabdian kita kepada rakyat, bangsa dan negara.

Pelihara Alutsista yang dipercayakan Negara dengan baik, agar dapat tetap mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas secara optimal dan utamakan prinsip Zero Accident serta terapkan Risk Management pada setiap pelaksanaan tugas. Tingkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap perkembangan lingkungan strategis yang selalu bergerak dinamis, agar kita dapat bertindak proaktif dalam mengatasi dalam setiap permasalahan yang dapat merugikan kepentingan Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Dapat disampaikan, adapun pejabat upacara, Inspektur Upacara Danlanal Sibolga dipimpin langsung oleh Letkol Laut (P) Fajar Priyanto K., S.T, Komandan Upacara Kapten Laut (KH) Afnan S. Harahap, dan Perwira Upacara Letda Laut (T) Susilo M. Girsang . Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar.


FOKUS LIPUTAN FOTO :