Peringatan Hari Lahir Pancasila Kabupaten Tapanuli Tengah 1 Juni 2018

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH 


Wakil Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Darwin Sitompul selaku Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Lahir Pancasila Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) di Lapangan Sepakbola Pandan, Jumat (01/06/2018). Adapun Komandan Upacara Kapten Inf Amser Sirait dari Kodim 0211/TT.


Upacara itu dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibra Tapteng, Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Irup, pembacaan Teks Pancasila oleh Irup dan diikuti oleh seluruh peserta upacara, pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Hermanto Manalu SPd, Amanat oleh Irup, dan menyanyikan lagu Garuda Pancasila, ditutup dengan Doa.


Pada kesempatan itu, Irup Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul membacakan Sambutan Bupati Tapteng pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2018 Kab. Tapteng.

Hari ini tepat tanggal 1 Juni 2018, 73 (tujuh puluh tiga) tahun lamanya setelah adanya deklarasi hasil Rapat BPUPKI menyatakan bahwa Pancasila ditetapkan sebagail dasar filosofi bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini. Selama bertahun- tahun dan berabad-abad, perjalanan perjuangan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia, Pancasila yang kemudian dijadikan sebagai salah satu batu ujian dan dinamika dalam era sejarah sistem politik nasional di berbagai lintas era pemerintahan, dari era demokrasi parlementer, demokrasi terpimpin dan era orde baru hingga sampai detik ini, yakni demokrasi dengan sistem multi partai, dan pada saat ini kita hidup di era reformasi.


Pancasila sebagai pondasi negara dan pandangan hidup negara sudah dipastikan harus ikut dalam dialektika peradaban dunia namun harus tetap tangguh dan berdiri kokoh sebagai dasar filosofis bangsa indonesia yang akan terus berkembang dan tak akan berhenti pada tiap detik, dan waktunya.


Ini bukan hanya sekedar kejadian biasa karena telah melibatkan banyak sekali elemen masyarakat, yang timbul sebagai akibat ketidakpuasan atas adanya sistem pemerintahan kala itu, yang dianggap pincang, lalim, dan rezemisme. Dengan semangat pembaharuan yang menggelora pada tiap-tiap elemen bangsa Indonesia maka sudah dipastikan mereka keluar menjadi pemenangnya, yakni juga didukung kuat oleh nilai- nilai Pancasila kemudian lahirlah era reformasi.

Untuk itulah, pada hari ini, 1 Juni 2018 kita peringati Hari Lahir Pancasila diharapkan mampu memberikan semangat pembaharuan bagi tiap pribadi bangsa, yang mencerminkan tindakan prilaku kita sehari-hari agar semua hal yang mengerikan tempo dulu, tidak terulang kembali.

Akhirnya, sesuai dengan tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 "Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi Berprestasi", kita mampu mempertahankan keutuhan bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui diri pribadi yang berdasarkan Pancasila.


Hadir pada acara Peringatan Hari lahir Pancasila 2018 Kab. Tapteng, yaitu Wakil Bupati Tapteng, Forkopimda Tapteng, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Tapteng, Sekda Kab. Tapteng, Staf Ahli dan Asisten, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, Pimpinan Instansi Jawatan vertikal di Kab. Tapteng, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Tapteng dan jajarannya, para Ibu Ketua Organisasi TNI-Polri, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Tapteng, Pimpinan BUMN dan BUMD, Veteran, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Cendikiawan, Tokoh Pemuda, TNI dan Polri, ASN Pemkab Tapteng, Organisasi Kepemudaan, para Siswa-siswi, dan undangan lainnya.