PEMBUBARAN POSKO ANGKUTAN LEBARAN 2018 BANDAR UDARA FL TOBING SUDAH H+8.

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH 

  • 28 TKA ASAL CHINA- PENERBANGAN GARUDA INDONESIA MEMILIKI DOKUMEN LENGKAP, DIWAJIBKAN BERKORDINASI DENGAN PIHAK IMIGRASI.

Terhitung Mulai Tanggal 24 Juni 2018, Posko Angkutan Lebaran 2018 di Bandar Dr. FL Tobing Tapanuli Tengah telah berakhir (H-8) sampai dengan (H+8). Plt.Kepala Bandara Tipriyanto,S.SiT telah resmi membubarkan posko yang melibatkan unsur-unsur personil dari TNI, Polri, Satpol PP, Pihak Kecamatan Pinangsori, Puskesmas Pinangsori, AirNav Sibolga, BMKG, Siswa Siswi Pramuka dan stake holder seluruh unit kerja. (26/6/2018)


Dalam hal ini, Plt.Kabandara mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh personil yang terlibat selama pelaksanaan posko berlangsung. Seluruh personil dari semua unsur yang ada, telah berperan dalam pelaksanaan posko untuk melakukan pengawasan atau pemantauan terhadap arus mudik lebaran tahun 2018 pengguna jasa angkutan penerbangan di Bandar Udara Dr.Fl Tobing Tapanuli Tengah. 


Semoga pengguna jasa angkutan penerbangan dapat merasakan dampak dari adanya posko angkutan lebaran ini. Sehubungan dengan arus mudik lebaran tahun 2018, data penumpang yang datang dan berangkat melalui bandara ini, telah dicatat terhitung mulai H-8 sampai dengan H+8, dan telah kami laporkan ke pimpinan pusat dan Kantor Otoritas Wilayah II Medan. 


Sebelumnya, H-8 kami memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang baik yang datang dan berangkat sebesar 20% berdasarkan aktual data yang sudah kami catat. Ternyata tidak terjadi lonjakan penumpang, namun tren-nya menurun sebesar 4,7% untuk penumpang yang datang, dan 4,2 % untuk penumpang yang berangkat. Mungkin hal ini disebabkan karena tidak ada ekstra flight baik Airline Garuda Indonesia atau Wing Air.


Lanjutnya, sambil menunjukkan data pergerakan penumpang, semua aktifitas penerbangan selama arus mudik dapat berjalan dengan lancar.


Tipriyanto menambahkan selama operasional penerbangan dalam arus Mudik 2018 , ada juga keluhan dari penumpang seperti jadwal yang delay ruang kedatangan yang kurang luas. Dalam hal ini, keluhan penumpang akan kami jadikan masukan kedepannya.

Saat FOKUS LIPUTAN menyinggung terdapatnya sejumlah 28 orang penumpang Tenaga Kerja Asing asal China pada penerbangan Garuda Indonesia yang melalui Bandara Fl Tobing Tapanuli Tengah tertanggal 24 Juni 2018 Minggu kemarin.


Plt Kabandara Tipriyanto melalui Humas Bandar Udara Jansen Saragih, membenarkan informasi tersebut. Para tenaga kerja asing asal China tersebut telah dilakukan pemeriksaan standart berupa dokumen Paspor-nya. Semua Tenaga Kerja Asing (TKA) tersebut memiliki dokumen lengkap. 


Terkait tujuan kedatangan mereka untuk bekerja di PLTA Simarboru di Tapanuli Tengah.  Para TKA diwajibkan untuk berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Sibolga pada hari Senin terkait izin tinggal atau izin bekerjanya.