Menteri Hukum dan HAM RI Apresiasi PAGELARAN SENI BUDAYA NIAS.

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH

  • PELANTIKAN PENGURUS PAC HIMNI KABUPATEN TAPANULI TENGAH PERIODE 2018-2023

Bertempat di halaman Gor Pandan Tapanuli Tengah, acara Pagelaran Seni Budaya Nias, sekaligus mengikuti prosesi pelantikan Pengurus PAC HIMNI se-kabupaten Tapanuli Tengah berlangsung sukses. Kegiatan tersebut, dihadiri Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, Mayjen Purn. Kristian Zebua. Felezara ribu nono niha tohare möi ba gowasa HIMNI MA'ÖKHÖ/ma'akha, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, Ketua DPC HIMNI Tapanuli Tengah Famony Gulo, Sudieli Hulu Camat Lumut Tapanuli Tengah, Wakil DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori,SH,MAP, Lapas Kelas II A Tukka, Forum Komunikasi  Pimpinan Daerah, para Undangan dan Masyarakat.  (22/6/2018)


Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan untuk tetap juga berinteraksi dan menghormati adat-adat istiadat dimana kita tinggal, saya mengunjungi tempat-tempat tapanuli tengah sampai keujung daerah , kita harus bergandengan tangan sebagai anak bangsa. Dan kita hari ini mengadakan pagelaran seni budaya nias, untuk tidak melupakan tradisi dan budaya kita. Disini ada lompat batu, Tari Moyo elang salah satu Tari dari suku Nias. Ya'ahowu! Budaya merupakan kebiasaan tradisi nenek moyang suatu daerah atau kelompok tertentu, kesenian tari Maena.


Kembangkan itu, tunjukkan bahwa kebudayaan kita adalah kebudayaan yang tinggi agar generasi kita tidak lupa akan akar budayanya. Untuk itu saya mengapresiasi DPD HIMNI, DPC HIMNI Kab Tapanuli Tengah , Kota Sibolga, dan seluruh masyarakat Nias yang hadir, atas partisipasinya atas keinginannya untuk membuat pagelaran seni budaya Nias dan sekaligus pelantikan pengurus PAC. 


Lanjutnya, saya harap pengurus PAC tetap memperhatikan warga masyarakat  membantu masyarakat , kalau ada masalah masyarakat sampaikan ke DPC-DPD untuk kita diskusikan jalan keluarnya, kalau memang memerlukan bantuan pemerintah daerah, kita diskusikan sama pemerintah daerah. 


Dan, saya juga mengajak saudara saya masyarakat Nias, jumlah adalah sebuah  kekuatan  politik. Pada Pemilu yang lalu, saya mengumpulkan beberapa tokoh ,masyarakat Nias di Tapanuli Tengah dan Sibolga , Saya mengatakan kita warga Nias, di Tapanuli Tengah dan Sibolga cukup  besar. Yang diperlukan adalah bersatu. Satu penyakit yang sering adalah sulit mempersatukan.


Nanti, penentuan siapa pemimpin di daerah , datang lah, ke TPS TPS , salurkan hak hak politik mu, salurkan suaramu, untuk menentukan siapa pemimpin kedepan, maupun legislatif, siapa pemimpin Presiden, salurkan, jangan tinggal dirumah, tunjukkan, supaya hak politik kita, supaya kita dihitung secara politik oleh pemerintah daerah. Ini penting saya titip, kepada saudara saya semua, kembangkan diri dengan semangat gotongroyong, saling menolong, saling membantu, saling menyapa, karena budaya Nias penuh keramahtamahan. Selamat melakukan pagelaran budaya Nias.


Kepada FOKUS LIPUTAN, Jamil Zeb Tumori selaku Tokoh Masyarakat Nias di Kota Sibolga mengatakan pada acara ini, pagelaran budaya Nias di tapanuli tengah, kita berharap, ini menjadi suatu kekayaan alam, yang kita olah menjadi budaya, dan mempertahankan jati diri sebagai warga Nias, walaupun diperantauan sibolga tapanuli tengah, dan berharap ini menjadi faktor pendorong, berkunjungnya para wisatawan manca negara. 


Dalam waktu bersamaan, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul didampingi Sekdakab Tapteng, Asisten Pemerintahan dan Kesmas, Asisten Administrasi dan Umum Menyambut Kedatangan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasonna Hamonangan Laoly SH., MSc., Ph.D dengan Penyematan Ulos dan Penyerahan Plakat di Kantor Bupati Tapanuli Tengah.



FOKUS LIPUTAN FOTO :