Pukat Trawl Bebas Beroperasi, Nelayan Sibolga Mengeluh.

fokusliputan.com_SIBOLGA

Pukat Trawl bebas beroperasi, nelayan sibolga mengeluh. Aspirasi nelayan Sibolga – Tapanuli Tengah Kelompok Nelayan Tolong Menolong (KNTM), Kelompok Nelayan Panjaring Salam dan Kelompok Nelayan Penjaring Kepiting melakukan pertemuan dengan Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto, 10/5/2018 di Mako Lanal Sibolga. Sangat disesalkan, hingga saat ini masih banyak kapal beroperasi menggunakan alat tangkap pukat trawl. Akibatnya, pendapatan nelayan menjadi berkurang. Padahal Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan menegaskan melarang penggunaan alat tangkap trawl ini.


Immat Lubis ketua KNTM Sibolga menuturkan pasca pemberlakuan Permen No 02 tahun 2015 yang melarang penggunaan alat tangkap trawls, hasil tangkapan nelayan tradisional kembali meningkat. Jadi tidak benar ada isu mengatakan, sejak ditegakkannya peraturan menteri Susi itu jumlah pengangguran di Sibolga meningkat, itu tidak benar. Justru masing-masing ABK dari kapal pukat trawl ini berasal dari luar Sibolga dan Tapteng.

Nelayan tersebut meminta agar Lanal Sibolga dibawah Danlanal yang baru Letkol Laut (P) Fajar Priyanto agar menindak tegas nelayan yang menggunakan alat tangkap jenis trawl. Kami juga mendukung sepenuhnya Lanal Sibolga untuk memberantas ilegal fishing. Dan kami siap berada dibarisan terdepan apabila ada perlawanan dari pihak lain.

Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto menuturkan, segera menanggapi aspirasi nelayan, dan pihaknya tidak akan main-main untuk menindak kejahatan diwilayah laut yang telah melanggar ketentuan pemerintah. Kami juga akan berkordinasi dengan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) untuk menindak pukat trawl, melakukan patroli rutin dan meningkatkan pengamanan. Kita juga meminta nelayan untuk tidak melakukan tindakan diluar batas dan main hakim sendiri apabila menemukan pelaku kejahatan di laut. Nelayan tradisional menjadi sumber informasi saya, Jangan langsung bertindak sendiri, apabila menemukan masih ada pukat trawl sebaiknya laporkan kepada kami.