Kepala Daerah Tapanuli Tengah, Berangkatkan 2 Orang Pendeta Wisata Rohani Ke Jerusalem

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH 

Kepala daerah / Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul dan sejumlah Anggota DPRD Tapteng berangkatkan 2 (dua) orang Pendeta Wisata Rohani Ke Jerusalem dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Tapteng di Jalan Marganti Sitompul Sibolga, Rabu (16/05/2018)


Pada kesempatan itu, Bupati Tapteng menyerahkan biaya perjalanan Wisata Rohani ke Jerusalem, diantaranya kepada Pemenang undian Lukcy Draw Perayaan Paskah Oikumene Kab.  Tapteng pada Kamis 3 Mei 2018 yang lalu.  Pdt. Liderson Simanullang STh dari Gereja Pantekosta Kudus Indonesia (GEPKIN) Kecamatan Andam Dewi sebesar 30 juta rupiah dan kepada Pdt. Juniaro Mendrofa STh dari Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat "PELITA" Sibuluan Kecamatan Pandan sebesar 30 juta rupiah. Jumlah total yang diserahkan Bupati kepada kedua orang Pendeta sebesar 60 juta rupiah.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menuturkan sebenarnya Pendeta yang akan diberangkatkan hanya 1 (satu) orang peraih hadiah lucky draw pada Perayaan Paskah  Oikumene Tapteng, namun sebagai ungkapan rasa syukur, spontanitas pada Senin yang lalu saat acara Ramah Tamah dengan Rohaniawan Pendeta dan Pastor di Rumah Dinas Bupati Tapteng, memberikan kesempatan kepada Pdt. Juniaro Mendrofa S.Th berwisata Rohani ke Jerusalem.

Kemudian, Bupati Tapteng mengatakan, kegiatan pembinaan kerohanian memberangkatkan Pendeta Wisata Rohani ke Jerusalem merupakan bagian dari Visi Misi kami bersama Pak Wakil Bupati Tapteng yang tertuang dalam Misi point Keenam "Memperkokoh Kerukunan Kehidupan Beragama dan Budaya Yang Lestari". Lewat kegiatan kerohanian ini, kita ingin memperkokoh dan menjalin erat rasa persatuan dan kesatuan tanpa membeda-bedakan dalam keberagaman. Tapteng sebagai miniatur keberagaman agama di Nusantara, walaupun Bupatinya beragama Islam namun senantiasa menyuguhkan kegiatan kegiatan yang merajut tali persaudaraan, menjungjung tinggi nilai-nilai toleransi ditengah-tengah masyarakat Tapteng yang pluralis.

“Oleh karena itu, dengan ketulusan hati memberangkatkan Pendeta Berwisata Rohani ke Jerusalem, yang dapat membangkitkan semangat membangun Kabupaten Tapteng. Hal ini harus dilakukan bersama-sama oleh semua pihak tanpa memandang agamanya, semua umat beragama harus menjaga kebersamaan, memupuk toleransi, dan saling menghormati antar umat beragama,” kata Bupati Tapteng dalam sambutannya.

Selanjutnya, Bupati Tapteng berharap kepada Pdt. Liderson Simanullang STh dan Pdt. Juniaro Mendrofa S.Th agar dapat mempergunakan bantuan yang diberikan dengan sebaik baiknya. Selamat berwisata rohani. Selamat setibanya di Jerusalem dan selamat sepulangnya ke Tanah Air. Doakan Kabupaten Tapteng masyarakatnya hidup rukun, damai, dan pembangunan ke depan semakin meningkat.

"Untuk meningkatkan pembinaan kerohanian berbagai cara dilakukan Pemkab Tapteng, khususnya kepada saudara-saudara umat Kristiani, diantaranya melaksanakan kembali kegiatan Festival Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) bagi umat Kristen Protestan yang telah lama vakum. Kemudian tahun ini, untuk saudara umat Katolik dilaksanakan Festival Paduan Suara Gerejeni (Pesparani)," ujarnya.

Pemkab Tapteng juga akan memberikan bantuan-bantuan pembangunan gereja-gereja. Semua ini dilakukan untuk membina rohani masyarakat Tapteng agar menjadi masyarakat yang beriman, bertaqwa sehingga berlomba-lomba berbuat kebaikan dan berlomba-lomba membant  Pemkab Tapteng mensukseskan pembangunam Kabupaten Tapteng.

Sementara itu, Pdt. Juniaro Mendrofa STh bersyukur kepada Tuhan adanya bantuan dari Bupati Tapteng, yang merupakan suatu berkat yang tidak diduga-duga.
“Ini merupakan jawaban doa kami dimana dari dulu kami sudah rindu dan berniat Wisata Rohani ke Jerusalem tetapi seperti Firman Tuhan mengatakan Segala Sesuatunya ada Waktunya, dan inilah waktunnya Pak Bupati Tapteng sudah mewujudkan memberikan kesempatan kepada kami dan telah memberikan biaya perongkosan berwisata ke Jerusalem,” ungkap Pdt. Juniaro Mendrofa STh mengawali sambutannya.

Kami sangat berharap ini dapat dilanjutkan di masa yang akan datang sebab nilainya sangat tinggi, meningkatkan toleransi dan terbinanya hubungan antar umat beragama, termasuk antar tokoh-tokoh agama dengan pemerintah. Dengan demikian, terwujudlah satu kekeluargaan dan persaudaraan, yaitu siapapun pimpinannya walaupun beda agama tetap memperhatikan pemeluk agama yang lain. Hal itu telah ditunjukkan oleh Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani. Untuk itu, dengan ucapan syukur terima kasih kepada Bupati Tapteng, Wakil Bupati Tapteng, serta jajarannya, Tuhan Memberkati Pemerintah Tapteng menakhodai dan mensejahterakan masyarakatnya,” ujarnya.

Pendeta Liderson Simanullang STh juga mengamini apa yang disampaikan Pdt. Juniaro Mendrofa STh bahwa Bupati Tapteng telah menunjukkan sikap seorang pemimpin yang adil. Walaupun beda agama, Bapak Bupati sangat peduli, tidak melihat dari suku, dan agama. Pada intinya beliau sudah menunjukkan pemimpin yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan merajut persatuan dan kesatuan.