DPRD Sibolga Hearing Bersama Tokoh Masyarakat.

fokusliputan.com_SIBOLGA

DPRD Sibolga Hearing Bersama Tokoh Masyarakat, Tokoh pemuda, Tokoh agama. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sibolga menggelar Hearing bersama (15/05). Untuk mengantisipasi bahaya terorisme dan radikalisme di Wilayah Kota Sibolga. Maka, sesuai dengan arahan Walikota Sibolga, patroli siaga sudah diaktifkan seperti Pos Siskambling atau ronda , di masing-masing lingkungan agar kedekatan dan silaturahmi persaudaraan antar sesama masyarakat semakin terjalin.


Rapat Hearing dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Hendra Saputra. Dihadiri Wakapolres Sibolga, Kompol Reza Lubis, perwakilan Korem 023/KS Mayor. Inf. T. Barus dan para undangan, insan Pers

Keberadaan Kota Sibolga sebagai daerah lintas perlu untuk waspada terkait eksodusnya para teroris. Karena Kota Sibolga salah satu daerah yang memiliki pelabuhan laut dan juga pelabuhan udara. Tidak tertutup kemungkinan pergerakan para teroris bisa memanfaatkan fasilitas yang ada. Jumlah penduduk Kota Sibolga berbeda di pagi hari dengan malam hari, hal itu dikarenakan adanya pelabuhan laut di Sibolga.


Hendra menuturkan sebagaimana kita ketahui, salah satu akses laut menuju Pulau Nias hanya melalui pelabuhan Sibolga. Hal itulah yang menyebabkan bahwa jumlah masyarakat Sibolga berbeda saat pagi hari dan malam hari. Barang tentu kehadiran masyarakat yang menggunakan jasa pelabuhan laut dan udara menjadi hal penting untuk diwaspadai demi mengantisipasi terjadinya eksodus para teroris dari daerah lain ke daerah kita ini.

Seiring dengan itulah, pertemuan penting ini langsung digelar, agar semua lapisan masyarakat bisa mendeteksi dini jika ada masyarakat atau pendatang yang gerak geriknya mencurigakan.

Wakil Ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori,SH,MAP menegaskan, upaya sekecil apapun harus dilakukan guna mengantisipasi gerakan para teroris. Jangan sesudah terjadi baru bertindak. Saya mengajak semua masyarakat Kota Sibolga agar tetap waspada dan melakukan pemantauan terhadap orang-orang asing yang mencurigakan, dengan cara melaporkan kepada pihak yang berwajib. Karena Kota Sibolga ini sangat kecil dan penduduknya cukup padat. Harapan kami para Kepling sebagai ujung tombak di lingkungan agar semakin meningkatkan Siskamling dengan melibatkan masyarakat sekitar. 

Asisten I Pemko Sibolga , Hendra Darmalius menuturkan Pemko Sibolga sudah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk meningkatkan kewaspadaan terkait terjadinya aksi teroris di Surabaya dan Mako Brimob Jakarta.