Di Desa Ujung Batu Kecamatan Barus, Kepala Daerah Tapanuli Tengah Resmikan Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH

Kepala Daerah / Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani meresmikan Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya, yang merupakan Wakaf kedua orangtuanya, yaitu Almarhum Ahmad Yunus Sibarani dan Almarhumah Rasyidah Rambe di Desa Ujung Batu Kecamatan Barus. Sabirin Simatupang Imam Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya memanjatkan Syukur kepada Allah SWT atas diresmikannya masjid tempat ibadah.


Peresmian Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya ditandai dengan pengguntingan pita di pintu masuk masjid tersebut oleh Kepala daerah / Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Ketua TP. PKK Kab. Tapteng Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani. Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya merupakan wakaf dari almarhum kedua orangtua Bakhtiar Ahmad Sibarani dan keluarga , yang dibangun sejak Februari 2018 lalu berukuran 15 x 15 meter diatas tanah seluas 30 X 28 meter yang diwakafkan keluarga Haji Hasnan Syarif Panggabean.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani mengatakan Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya dibangun sebagai Nazar untuk kesembuhan kepada Almarhum Ayahanda yang pada saat itu sedang mengalami sakit, Bupati Tapteng berpesan kepada masyarakat. khususnya jemaah Nadhatul Ulama (NU) Desa Ujung Batu kiranya Masjid ini difungsikan untuk meningkatkatkan ibadah teristimewa di Bulan Suci Ramadhan saat ini.


“Memilih nazar membangun Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya Desa Ujung Batu ini didasari oleh kondisi masjid lama, yang sangat tidak layak karena rusak berat oleh beberapa kali terkena banjir. Masjid baru bernama Al-Hidayah Wali Walidayya ini, peletakan batu pertama telah dilaksanakan pada Senin 12 Februari 2018 yang lalu. Awalnya, Masjid ini direncanakan selesai dan digunakan saat Hari Raya Idul Fitri yang akan datang. Ternyata masjid tersebut bisa digunakan lebih cepat dari target semula. Inilah merupakan nikmat dan syukur yang kita panjatkan atas kebaikan Allah SWT,” ungkap Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya., Selasa (22/05/2018).

Bupati Tapteng menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Bapak Hasnan Syarif Simatupang, pemilik lahan dengan sukarela mewakafkan sebagian tanahnya seluas 28 meter x 30 meter.
“Kami menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Bapak Hasnan Syarif Simatupang yang mewakafkan lahan ini. Sekali lagi, kami haturkan terima kasih karena sama-sama memikirkan kemajuan kampung kita, masyarakat di Desa Ujung Batu untuk terciptanya masyarakat yang berakhlak, beriman dan bertaqwa,” kata Bupati Tapteng.

Sabirin Simatupang mengatakan atas nama masyarakat Desa Ujung Batu, khususnya warga Nadhatul Ulama mengucapakan terima kasih kepada Keluarga Besar Bupati Tapteng, yang telah bermurah hati membangun Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya di Desa Ujung Batu. Kiranya, keluarga besar Bupati Tapteng diridhoi Allah SWT, diberi kesehatan dan dirahmati dengan panjang umur, kebijaksanaan sehingga dimasa yang akan datang dapat membantu pembangunan masjid yang masih membutuhkan bantuan dana.

Lanjutnya, dengan diresmikannya tempat ibadah Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya ini, masyarakat Desa Ujung Batu sudah dapat memanfaatkannya dengan menunaikan Sholat Tarawih. Semoga kami dapat menggunakannya untuk beramal dan menambah ketaqwaan kepada Allah SWT. Kami merasa bangga karena setahun lalu masjid yang ada di desa ini sudah rusak dihantam banjir. Kemudian, atas kemurahan orangtua Bupati Tapteng dan keluarga besar berkenan membangun masjid ini. Mudah-mudahan kedua almarhum orang tua Bupati, dilapangkan dalam kubur dan memperoleh maghfirah dari Allah SWT.

Acara peresmian Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya diisi dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, dan Tausyah disampaikan Ustad H. Abdil Muhadir Ritonga MPd, dilanjutkan dengan penyantunan Anak Yatim, buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan, dan Sholat Maghrib berjamaah di Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya.

Pada acara peresmian Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya turut serta hadiri oleh Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Ketua DPRD Kab. Tapteng Sahrun Panggabean SE dan Anggota DPRD Kab. Tapteng, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Tapteng Ny. Juli Darwin Sitompul, Forkopinda Tapteng, Sekretaris Daerah Kab. Tapteng Drs. Hendri Susanto Lumbantobing MSi, Staf Ahli dan Asisten, Pimpinan OPD dan Camat se Kab. Tapteng, MUI Kab. Tapteng, Pengurus BKM Masjid Al-Hidayah Wali Walidayya, Ibu-Ibu Pengajian, para Tokoh Alim Ulama, dan masyarakat Desa Ujung Batu Kecamatan Barus.