Destinasi Wisata, Industri Pariwisata Badung Bali, Patut di Adopsi Tapteng

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH 

Humas Pemkab Tapteng Fadlan Satia Siregar membenarkan bahwa Pak Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani, didampingi wakilnya Darwin Sitompul melakukan kunjungan kerja ke Badung Mangapura Provinsi Bali. Audiensi mengadakan pertemuan, tertanggal 8 Mei 2018 kemarin di ruang Rapat Kriya Gosana Kantor Bupati Badung. (10/5/2018).



Untuk membangun sektor destinasi parwisata, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani memilih Kabupaten Badung Bali sebagai lokasi studi mengingat Kabupaten Badung merupakan salah satu Kabupaten terbaik di Indonesia dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD)  Rp.7,2 Triliun dari Sektor Pariwisata.

Dalam kunjungan audiensi beliau disana, Bakhtiar mengakui, selain kaya akan objek wisata. Badung menawarkan pesona sejarah dan budayanya serta menawarkan objek wisata hiburan, adventure dan masih bayak yang lainnya. Untuk itulah tujuan kami mengunjungi Badung, ingin belajar Tata Kelola sektor Pariwisata menghasilkan sumber PAD. Kami ingin belajar bagaimana Kabupaten Badung melestarikan seni budaya, mengelola sumber daya alam, serta yang utama tentang keramah tamahan masyarakat Badung dalam menerapkan Sapta Pesona. SaptaPesona  Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan. Keindahan. Keramahan, Kenangan merupakan salah satu penunjang majunya kepariwisataan di suatu daerah”. ujar Bupati Tapteng.

Bupati Tapteng juga memaparkan kekayaan alam Tapteng, dengan julukan Negeri Wisata Sejuta Pesona, memiliki Objek Wisata yang sangat kaya diantaranya  Objek Wisata Religi tepatnya di Barus, merupakan Pusat peradaban Islam pertama Nusantara dan Presiden RI Joko Widodo telah meresmikan Titik Nol Islam Nusantara di Barus pada Tahun 2017 yang lalu. 

Di Barus itu sendiri terdapat situs bersejarah peradaban Islam diantaranya Makam Mahligai, Makam Papan Tinggi,  Sumur Nomensen situs penyebaran Kristen Protestan dan Situs Lobutua Penyebaran Agama Katolik melalui Barus.

Tapteng juga memiliki Wisata bahari dengan garis pantai sepangjang 200 Km dengan panorama pasir putih, dan pantai yang landai diataranya Pantai Bosur, Pantai Pandan, Pantai Kalangan, Pantai Binasi,  Pantai Kade Tigo, Pantai Sitiris tiris.

Untuk air terjun, Tapteng memiiliki Objek Wisata yang sangat unik yaitu Airnya terjun langsung ke laut,  Air terjun Mursala berada ditengah laut dan airnya jatuh ke samudera hindia. Air Terjun ini sendiri merupakan lokasi shooting film Hollywood Kingkong.

Tak hanya itu, Tapteng juga memiliki objek wisata pegunungan diantaranya Air terjun Sihobuk,  Air terjun tujuh tingkat, air terjun silaklakk, air terjun aloban bair,  air terjun gorbus dan sebagai wisata bahari Tapteng juga memiliki wisata kuliner dengan masakan khas pesisir”. papar Bakhtiar semangat.

Tapteng yang kaya akan  objek wisata , namun hingga saat ini  belum dapat mengelolanya dengan maksimal untuk meningkatkan pendapatan. Untuk itu kami sangat  mengharapkan Wakil Bupati Badung berbagi pengalaman cara-cara mengembangkan dan membangun Industri Pariwisata  di Badung. Dan menjadi satu tujuan wisatawan berkelas Internasional sehingga mendongkrak sumber Pendapatan Asli Daerah  Kabupaten Badung.