Operasi Zebra 2017 Polres Tapteng Satlantas, 500 Kendaraan Di Tilang

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH

Korlantas Polri mulai 1 hingga 14 November 2017 melaksanakan Operasi Zebra. Kegiatan itu dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia, dengan menitikberatkan pada penegakan hukum. Kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan atau melanggar lalu lintas akan langsung ditindak tegas alias tilang di tempat. Dalam sambutan pada Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2017, Kepala Koprs Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, memberikan lima arahan kepada seluruh personil Polantas se-Indonesia.

Berikut amanah dari Kakorlantas buat personil yang berjaga di Operasi Zebra 2017: 1. Menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain dengan pendekatan Dikmas, langkah penegakkan hukum juga menjadi salah satu upaya menekan angka kecelakaan. 2. Disiplin dalam berlalu lintas. Bila Operasi Zebra sudah dilaksanakan, tetapi tidak ada perubahan dari masyarakat dalam disiplin berlalu lintas, maka dianggap gagal bertugas. Karena sebelum gelar Operasi Zebra, sudah banyak dilakukan penekanan dan sosialisasi. Bila tidak maksimal dalam memberikan pelayanan, nanti akan terlihat bagaimana pelaksanaan Operasi Zebra. 3. Mengurangi Pelanggaran lalu lintas. Kalau pelanggaran masih terlihat dominan berarti Operasi Zebra masih dianggap biasa oleh masyarakat. 4. Menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Tahun kemarin, kita sudah mengalami penurunan hingga 30 persen, dan tahun ini pada gelaran Operasi Zebra 2017 harus lebih baik lagi dalam menurunkan tingkat fatalitas. Melalui Operasi Zebra, Kepolisian dapat Negara untuk menyelamatkan banyak nyawa yang terbuang sia-sia di jalan raya. 5. Meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Polri, dalam hal ini anggota yang bertugas di lapangan jangan ada lagi kolusi, dan korupsi dalam peneggakan hukum kepada pelanggar. Dan peneggakan harus ada kepastian dan bersifat adil. "Kami berharap dapat terwujud Kamseltibcarlantas, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Semoga kegiatan ini berjalan aman dan lancar," kata Royke.

Kita beralih ke Polres Tapanuli Tengah. Polisi Lalu Lintas Sat Lantas Satuan lalu lintas juga menggelar razia operasi zebra dikawasan jalan lintas sm raja - padang sidempuan.

Kanit Patroli Operasi zebra Ipda. Ahmad Mula Purba mengatakan ada 500 kendaraan yang ditilang. (06-07 November 2017).

Pantauan Fokus Liputan dilapangan, masih banyak pengendara yang belum sadar akan pentingnya keselamatannya dalam berkendara, melengkapi surat-surat kendaraan. Dan, beberapa warga yang memakai kendaraan sepeda motor terpaksa memilih antri dipenghujung jalan, memutar arah, dan tak berani melanjutkan perjalanan nya  sebab razia operasi zebra sedang dilakukan. Operasi zebra tersebut melibatkan petugas Polisi Militer, dan Dinas Perhubungan.

Enim (pengendara septor), mengakui dia tak berani lewat karena ada razia. “ini kendaraan saya, ya saya tak berani lewat, helm ku tak kubawa. Disamping itu, pengendara Sitompul (pakai Helm) mengatakan kita tak keberatan, karena kita patuh pada pajak peraturan. Karena, banyak sekarang yang memiliki kendaraan kreta (motor), “belli motor bisa, bayar SIM tak bisa, bayar pajak tak bisa. Pesan nya, ya teruslah razia supaya tertib.

Tak hanya itu. Ada yang unik dari operasi Zebra ini. Seorang Satpol PP Pemkab Tapteng Herianto terkena  razia. Herianto mengatakan “ saya sadar tak memiliki kaca spion dan ditilang tak bayar pajak kendaraan bermotor PKB (Pajak mati). 

Salah satu kendaraan septor merek scoopy terpaksa diangkut ke atas mobil patroli. Pengendara tak bisa menunjukkan surat STNK dan SIM nya.

Kepada Fokus Liputan, Brigadir Sarba Purba didampingi Briptu Erdy menjelaskan karena pada saat kami lakukan razia, yang bersangkutan pengendara tidak bisa menunjukkan bukti SIM dan STNK nya, terpaksa kami tilang, sudah kami suru agar yang bersangkutan membawa SIM STNK nya, nyatanya sampai sekarang dia tak kesini, operasi Zebra kita laksanakan sampai tanggal 14 November 2017

Fokus Liputan kembali memantau lokasi Jalan Simpang DPRD, Pos Unit TURJAWALI SAT LANTAS Polres Tapanuli Tengah. Beberapa personil Polisi Lalu Lintas tampak siaga memantau kekondusifan arus lalu lintas. Petugas disana mengatakan beberapa kendaraan yang melanggar aturan kita tindak, sepeda motor tersebut kita amankan di Unit Turjawali, bahkan beberapa kendaraan disana fisik motor (kreta) sudah dikotak katik, knalpot diganti, body fisik kreta dicopot, dan kita sudah amankan, beber petugas disana.

Informasi sementara yang diterima dari Pengadilan Negeri Sibolga  (PN Sibolga) , petugas PN sibolga menginformaskan silahkan buka situs Pengadilan Negeri Sibolga, disitu ada tertera  nomor Tilang Register. Silahkan memasukkan nama datanya disana, dan pengendara yang di tilang membayar langsung biaya administrasi sekaligus denda, silahkan men cek ke kantor Jaksa Sibolga disamping kantor Pos Sibolga. ‘bukan disini membayarnya’, beber petugas PN Sibolga kepada Fokus Liputan.

Sebelumnya, Fokus Liputan sempat berbincang dengan Kasat Lantas AKP Yusuf diruang kerjanya. Beliau mengatakan untuk pengadaan CCTV diareal lalu lintas yang dianggap rawan, akan kita upayakan, memerlukan jangka waktu yang panjang, terima kasih sudah memberikan masukan kepada kami, selaku mitra kerja.