Bandara Pinang Sori Peringati Hari Perhubungan Nasional 17 September Tahun 2017 Perluasan Bandara Akan Aktif

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH


• Guna Memastikan Maksud Dan Tujuan Kedua Kepala Daerah Saat Berkunjung Ke Jakarta.

• “Memaparkan Berita Up-date terkait bandara F.Lumban tobing, bahwasanya dalam minggu terakhir ini bandara kita ini sangat seksi karena dari Menpan sendiri, ada beberapa bandara dalam tahun ini rencana naik kelas termasuk salah satunya Bandara Ferdinand Lumban Tobing . Yang kedua, bandara kita sudah dilirik Pihak Angkasa Pura guna melakukan kerjasama”

Kabar gembira bagi warga , masyarakat yang akan melakukan aktivitas keberangkatan (pulang-pergi PP) dengan menggunakan jasa penerbangan pesawat jalur udara. Segala fasilitas sarana dan prasarana, pelayanan, serta peningkatan kualitas kuantitas dari pihak penerbangan itu, semuanya sudah mendapat tanggapan positif dari pihak Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Kedatangan kedua kepala daerah itu ke Jakarta (Selasa 29/8/2017) kemarin, disambut langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor kementerian Jakarta.


Kedua Kepala daerah beserta rombongan dinas perhubungan, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani melakukan audensi permohonan kepada pihak Menteri. Adapun maksud kedatangan kedua Kepala daerah itu guna menyampaikan sekaligus membahas usulan peningkatan Bandara Dr FL Tobing Pinangsori. Peningkatan itu meliputi penambahan landasan pacu (run way), taxi way, dan berbagai sarana dan prasarana, agar bandara itu dapat didarati pesawat berbadan besar.



Dari hasil perbincangan di Jakarta, jika bandara ditingkatkan, maka akan ada penambahan dan perluasan rute penerbangan baru. Manfaat keberadaan bandara itu tidak hanya diperoleh oleh kedua daerah saja, melainkan juga berdampak kepada daerah sekitar.

Ini terlihat dari peningkatan jumlah penumpang dan tujuan penumpang serta peningkatan kargo udara di Bandara Pinangsori, baik rute penerbangan Jakarta-Pinangsori maupun Kualanamu-Pinangsori (PP), menurut informasi yang diterima fokus liputan dari Jakarta.

Guna memastikan hasil perbincangan kedua Kepala daerah tersebut yang notabene-nya pihak Menteri menanggapi positif. Fokus Liputan mencoba mewawancarai Kepala Bandara Pinang Sori Ambar Suryoko disela-sela memperingati hari Perhubungan Nasional yang diadakan di Areal Bandara Pinang Sori (18/9/2017).

Dimulai dengan kegiatan Upacara pengibaran Bendera Merah Putih RI, Pembacaan UUD 1945, dan pembacaan 5 (lima) Manusia Perhubungan TAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA.- TANGGAP TERHADAP KEBUTUHAN MASYARAKAT AKAN PELAYANAN JASA YANG TERTIB,TERATUR,TEPAT WAKTU,BERSIH DAN NYAMAN.- TANGGUH MENGHADAPI TANTANGAN. - TRAMPIL DAN BERPERILAKU GESIT,RAMAH,SOPAN SERTA LUGAS. - TANGGUNG JAWAB TERHADAP KESELAMATAN DAN KEAMANAN JASA PERHUBUNGAN, yang ikuti oleh Pokja, TNI AU Radar Juhara, TNI AD Koramil Mugi, TNI AL Anju Sipahutar, Polsek Pinangsori Misno, Detasemen, BMKG, Gapura Angkasa, Garuda Indonesia, Wing Air, Koperasi Angkasa, Dharmawanita, GMF Teknisi Pesawat Garuda Indonesia, Jansen Saragih Kanit avsec, Pahala Simatupang Ajudan Kepala Bandara, dan seluruh stake holder terkait.

Ambar Suryoko menyampaikan sambutan dari Menteri Perhubungan . Sekaligus memaparkan berita update terkait bandara F.Lumbantobing bahwasanya dalam minggu terakhir ini bandara kita ini sangat seksi karena dari Menpan sendiri , ada beberapa bandara dalam tahun ini rencana naik kelas termasuk salah satunya bandara Ferdinand Lumbantobing . Yang kedua, bandara kita sudah dilirik Angkasa Pura melakukan kerjasama, dan mungkin ada nanti , mungkin diantara teman –teman diharapkan sudah bisa memilih , kalau memang benar nanti ini dikelola Angkasa Pura , akan ada yang di pemerintahan , atau di dinas perhubungan dan ada yang ditempatkan ke BUMN Angkasa Pura, kira-kira itulah berita update berita dari bandara pinangsori.

Dalam petikan wawancara Fokus Liputan diruang kerja, Ambar suryoko menjelaskan secara detail, dengan adanya rencana –rencana operator penerbangan masuk ke pinangsori sesuai dengan permintaan Bupati dan Walikota saat berkunjung ke Jakarta, tahun ini sudah ada selain Garuda, akan ada perusahaan air yang akan bergabung.

Lanjutnya, Garuda sendiri akan menambah frekuensi penerbangan dari satu kali sehari menjadi dua kali sehari. Dan ditahun kedepan lagi, kita akan melakukan pelebaran dengan segala sarana prasarana yang memadai, akan menampung pesawat yang besar.

Menyangkut memperingati hari Perhubungan Nasional, Ambar menuturkan, kita selaku insan perhubungan adalah memberikan pelayanan jasa kepada masyarakat sehingga masyarakat yang melakukan akses bepergian semuanya terjangkau memberikan pelayanan yang bagus, antar konektivitas sibolga tapteng tapanuli tengah dengan pesawat ke transportasi darat.

Tegasnya, tahun ini juga akan kita lakukan, bahwasanya apa keinginan pemerintah daerah over lay pemuatan pesawat berbadan besar masuk , tahun ini akan kita lakukan dengan overlay landasan pacu, diharapkan pesawat berbadan besar nanti boing, tahun ini akan kita kerjakan itu.

Semua pencapaian itu, tidak terlepas dari peningkatan mutu Apron (tempat parkir pesawat), Arrival (Tempat kedatangan), Boarding (Naik ke pesawat), Cabin Attendant (Penjaga kabin), Departure (Tempat keberangkatan), Runway (Tempat untuk pesawat bersiap sebelum take-off atau sebagai tempat mendarat), Aeronautic (Segala Informasi yang berkaitan dengan penerbangan), Baggage(Bagasi) Barang bawaan penumpang, Control Air Space Ruang udara yang dikendalikan, Cabin Crew Pramugari atau Pramugara (pelayan kabin), Pay Tax Pajak penerbangan (skala domestik dan Internasional), dan seterusnya, semuanya akan ditingkatkan sesuai visi dan misi manusia perhubungan.